Jenis Batu Alam Terbaik untuk Desain Rumah Unik

Jenis batu alam terbaik merupakan salah satu material yang digunakan komponen dalam pembangunan rumah. Namun, tidak semua jenis batu alam digunakan sebagai bahan bangunan rumah.

Yuk simak ulasan sinergistone.com.

Karakteristik Batu Alam

Batu alam yang digunakan untuk pembangunan biasanya yang memiliki karakteristik kuat. Karakteristik tertentu seperti indah, unik dari corak batu tersebut menjadi unsur penilaian penting dalam penggunaannya.

Bagian yang dikhususkan memiliki ciri khas bangunan biasanya terletak pada dinding dan lantainya. Untuk mendapatkan kesan menarik dan unik pada sebuah dinding, penggunaan batu alam dinding sangatlah tepat. Batu alam dinding baik dinding luar maupun dalam akan membuat sebuah bangunan terlihat indah namun alami.

Penggunaan batu alam lantai juga dapat memberikan kesan mewah dan menyegarkan. Keindahan dan keunikan dinding dan lantai suatu banguan dapat diawali dengan pemilihan jenis batu alam terbaik yang akan digunakan dalam proses pembangunannya. Untuk mendapatkan hasil desain akhir yang maksimal tentunya perlu memahami jenis batu alam yang bagus digunakan sebagai bahan dekorasi bangunan yang akan dibuat.

Jenis Batu Alam Terbaik untuk Rumah

Jenis Batu Alam Terbaik untuk Rumah
jenis batu alam terbaik

Dibawah ini beberapa jenis batuan yang biasa digunakan sebagai bahan untuk menjadikan bangunan terlihat unik.

Batu marmer

Dalam pembangunan batu yang seringkali digunakan yaitu batu marmer. Batu marmer merupakan hasil metamorfosa dari batu kapur atau batu gamping. Batu ini biasanya digunakan untuk lantai, dinding dan berbagai alat-alat lainnya. Keindahan dari batu ini terletak pada warna, corak atau pola tertentu yang membuat batu ini cocok dijadikan sebagai bagian dari material suatu bangunan.

Selain itu batu marmer memiliki beberapa kelebihan seperti tahan lama, mudah untuk dibersihkan, mudah untuk dipahat dan tentunya memiliki visualisasi yang tidak diragukan lagi. Ketika suatu bangunan menggunakan batu marmer sebagai dekorasi maka bangunan tersebut akan terkesan mewah. Terlepas dari indah dan uniknya batu ini, ternyata memiliki sifat sensitif terhadap cuaca terutama panas dan hujan.

Batu granit

batu alam lantai
batu alam lantai

Batu granit merupakan salah satu batu yang seringkali digunakan untuk lantai. Magma yang membeku melalui beberapa tahap dalam bumi menjadikan terbentuknya batu ini. Dari segi visualisasi batu ini tidak kalah indahnya dengan batu marmer. Warna yang lebih dominan gelap seperti abu-abu menjadikan lantai terlihat elegan.

Kandungan yang terdapat didalamnya merupakan salah satu faktor dari warna batu ini. Beberapa keunggulan yang menjadikan batu ini digunakan sebagai salah satu material bangunan yaitu kokoh, keras dan biasanya ditemukan dalam ukuran yang cukup besar cocok dijadikan sebagai batu alam dinding.

Batu palimanan

Batu paliman banyak digunakan untuk dinding karena memiliki karakter kuat dan awet. Batu ini berasal dari sedimentasi butiran pasir, oleh karena itu batu ini dinamakan sandstone. Terdapat tiga warna batu ini yaitu batu palimanan putih, kuning dan emas.  Batu ini tidak tahan terhadap kondisi lembab, maka dari itu batu ini cocok dijadikan sebagai bahan interior. Jika digunakan sebagai bahan eksterior, perlu dilakukan coating pada batu ini. Selain coating batu ini tentunya memerlukan perawatan yang intensif untuk menjaga ketahanan batu ini. Batu palimanan sangat cocok dijadikan sebagai batu alam dinding.

Batu alam andesit

batu alam dinding
batu alam dinding

Batu andesit merupakan batu yang terbentuk akibat pembekuan vulkanik atau lava. Tekstur dari batu ini sangat keras sehingga sangat cocok dijadikan bahan dinding. Batu ini terkesan alami, aestetik dan juga tahan terhadap cuaca sehingga dapat bertahan cukup lama. Warna hitam dan abu menjadikan batu ini terlihat elegan dan cocok bila digunakan untuk bangunan yang minimalis terutama jika dijadikan sebagai batu alam lantai.

Mudahnya memotong batu ini menjadikan para pecinta batu memilih batu andesit sebagai bahan interior bangunan impian. Tekstur keras membuat batu ini tahan terhadap goresan dan tidak memerlukan perlakuan khusus dalam merawatnya. Apabila pada batu lain memerlukan proses coating batu alam untuk menjaga ketahanannya, batu andesit tidak memerlukan proses itu.

Anda dapat membeli batu andesit langsung ke suppliernya. Rekomendasi terbaik kami adalah Sinergi Stone. Tersedia berbagai jenis batu alam terbaik untuk lantai dan dinding.

Batu alam candi

Batu alam candi termasuk dalam jenis batuan lavastone karena terbentuk dari larva yang membeku. Terkstur yang kuat membuat batu ini digunakan sebagai bahan dekorasi dinding. Permukaan batu ini memiliki pori-pori yang cukup besar sehingga memudahkan lumut untuk tumbuh. Untuk mengatasi hal itu batu ini perlu dilakukan pengecetan batu atau coating yang cukup rutin. Pemasangan dan perawatan batu ini tergolong mudah. Hanya memerlukan sikat dan air saja untuk perawatannya. Selain perawatan yang cukup mudah harga batu ini juga tergolong murah. Kesan kuat dan elegan akan terlihat dengan pemasangan batu ini pada dinding bangunan.

Batu alam paras jogja

Batu alam ini dijadikan sebagai bahan dekorasi dinding bagian luar. Paras jogja digemari karena memiliki warna putih seperti salju dan kadang juga ada yang berwarna cream. Karena kelembutannya menjadikan batu ini mudah dipahat dan dibentuk sesuai dengan keinginan dan ukuran sehingga digemari oleh banyak pemahat.

Batu paras ini digunkan pada dinding kamar mandi, ruang tamu dan lainnya. Warna putih maupun cream akan memberikan kesan menawan dan sejuk. Selain warna yang simple teknik pemasangannya pun mudah sehingga banyak orang yang menggunakan batu ini sebagai desain interior maupun eksterior rumah.

Batu alam templek

Jenis batu alam ini memiliki khas yaitu sebutan nama tergantung dari mana asal pembuatannya. Yang membedakan dari masing-masing daerah hanya pola atau motifnya saja tidak pada kualitas maupun kelebihannya. Biasanya batu ini memiliki pola yang acak dan ukuran yang beranekaragam. Batu temple digunakan pada dinding bagian luar. Batu ini terkenal dengan karakteristik yang kuat terhadap cuaca. Corak yang simple membuat dinding terlihat alami dan minimalis apabila di desain menggunakan batu ini.

Batu gamping

Batu gamping atau biasa disebut batu kapur sering dijadikan sebagai bahan untuk mendesain suatu bangunan seperti rumah. Karena kekokohannya batu ini digemari banyak orang. Batu ini sering ditemukan dengan berbagai warna seperti biru, abuu, cokelat, dan merah muda. Warna yang indah membuat dinding terlihat lebih natural.

Batu gamping ditemukan dalam ukuran yang bear sehingga mempermudah untuk mendapatkan ukuran yang diinginkan sesuai desain dinding. Batu ini rentan dan sensitive terhadap cuaca sehingga disarankan untuk digunakan pada desain interior bangunan.

Batu alam mozaik

Sebuah ruangan akan terlihat unik dan menarik apabila didekorasi menggunakan batu ini. Cocok dipasang sebagai batu alam lantai atau dinding sebuah ruangan. Batu ini dipasang dengan berbagai warna. Batu ini dipasang secara cladding yang akan membuat dinding terkesan mozaik, warna-warni dan juga alami. Batu alam ini sering digunakan untuk mendekorasi lantai kamar mandi dan juga lantai taman. Pemasangan batu inipun mudah, yaitu seperti pemasangan keramik pada umumnya. Ukuran batu ini pun dapat disesuaikan dengan pesanan.

Beberapa jenis batu alam terbaik di atas dapat dijadikan sebagai batu alam untuk dinding maupun lantai untuk memperunik bangunan impian anda. Sudahkah anda memutuskan untuk menggunakan batu alam yang mana?  Buatlah tempat tinggal anda terasa nyaman. Semoga bermanfaat.

Tags: jenis batu alam untuk dinding rumah

Telah diupdate pada oleh

Tinggalkan komentar

× Order andesit? 081222950965