Batuan Beku: Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis, Manfaat

Batuan beku merupakan salah satu jenis batuan yang menyusun lapisan litosfer. Dalam bahasa Inggris, batuan beku disebut dengan istilah igneous rock atau magmatic rock.

Batuan beku merupakan satu dari 3 jenis batuan utama di bumi, selain batuan sedimen dan batuan metamorf, yang memikik ciri & struktur yang berbeda dengan batuan lainnya. Selain itu, jenis batuan beku yang tersebar di dunia sangat banyak.

Mengetahui batuan beku sangatlah penting. Dengan begitu, anda semakin mudah dalam membedakan batuan beku dengan batuan lainnya. Perbedaan tersebut dapat terlihat dari ciri, struktur, jenis dan sebagainya.

Oleh karena itu, Sinergi Stone akan membahas mengenai pengertian, ciri, struktur dan jenis batuan beku secara lengkap. Sehingga, artikel ini dapat membantu anda dalam mengetahui lebih luas mengenai batuan beku.

Yuk, baca artikel ini sampai selesai!!!

Pengertian Batuan Beku

Pengertian batuan beku adalah
Credit to britannica.com

Batuan beku adalah suatu jenis batuan yang dalam prosesnya dengan atau tanpa kristalisasi yang terbentuk dari cairan magma yang mengalami pembekuan dan akhirnya mengeras. Dimana pembentukan batuan beku terjadi dibawah atau diatas permukaan batuan. Singkatnya, batuan beku merupakan batuan yang terbentuk dari magma yang membeku.

Magma yang membentuk batuan beku berasal dari batuan setengah cair ataupun batuan yang sudah ada sebelumnya. Dimana batuan tersebut berada di mantel ataupun kerak bumi.

Sifat khas dari batuan beku adalah kristalinnya. Dimana sifat kristalnya tersebut dapat berasal dari Kristal itu sendiri maupun gelasan yang mengkristal.

Ciri Batuan Beku

Batuan beku memiliki ciri ciri yang membedakan dengan batuan lainnya. Dibawah ini beberapa ciri ciri batuan beku sebagai berikut.

  • Memiliki bentuk yang sangat padat.
  • Memiliki sifat yang sangat keras.
  • Memiliki beberapa warna, seperti abu-abu, hitam, coklat muda, merah muda sampai putih terang.
  • Memiliki tekstur yang mengandung Kristal mineral, porositas batuan, maupun segi ukuran butiran mineralnya.
  • Tidak terdapat fosil di dalam batuannya.
  • Tidak terdapat pelapisan maupun stratifikasi didalamnya.

Itulah beberapa ciri batuan beku yang perlu anda ketahui. Sehingga, anda dapat membedakan batuan beku dengan batuan lainnya.

Komposisi Mineral Batuan Beku

Indeks warna dari batuan Kristal dapat digunakan untuk menentukan komposisi mineral yang terdapat pada batuan beku. Atas hal tersebut dapat ditentukan komposisi mineral batuan beku yang terbagi menjadi mineral felsik dan mafik sebagai berikut yang dilansir dari gramedia.com

  • Mineral felsik yaitu mineral yang terdapat didalam batuan beku yang berwarna terang. Mineral felsik terdiri dari mineral kuarsa, feldspar, feldspathoid dan muskovit.
  • Mineral mafik yaitu mineral yang terdapat didalam batuan beku yang berwarna gelap. Mineral mafik terdiri dari biotit, piroksen, amfibol dan olivin.

Struktur Batuan Beku

jenis batuan beku berdasar komposisi kimianya, yaitu felsik, intermediet, mafik dan ultramafik
credit to openpress.usask.ca

Struktur batuan adalah sebuah penampakan lapisan batuan secara makro atau terlihat dengan menggunakan mata secara jelas atau umum. Batuan beku memiliki struktur batuan yang berbeda dengan jenis batuan lainnya. Struktur batuan beku sendiri terbagi menjadi 8 struktur.

Dibawah ini 8 struktur batuan beku adalah sebagai berikut.

  • Struktur masif yaitu struktur yang tidak menunjukkan adanya fragmen batuan lain di batuan beku.
  • Struktur pillow Lava yaitu struktur yang terdapat pada batuan beku vulkanik bawah laut. Struktur ini dicirikan oleh bentuk bantal yang memiliki ukuran sekitar 30 – 60 cm. Selain itu, struktur pillow lava hanya terdapat pada batuan beku ekstrusi tertentu saja.
  • Struktur joint yaitu struktur yang memiliki tanda kekarnya tersusun dengan searah aliran yang tegak lurus. Selain itu, struktur joint dapat berkembang menjadi columnar jointing.
  • Struktur vesikuler yaitu struktur batuan beku ekstrusi yang terjadi akibat proses pendinginan yang mengakibatkan lubang – lubang pada batuan beku.
  • Struktur skoria yaitu struktur batuan beku yang memiliki lebih banyak lubang akibat proses pendinginan yang terjadi. Sehingga, dapat dikatakan bahwasannya struktur scoria merupakan struktur yang sangat vesikuler.
  • Struktur amigdaloidal yaitu struktur batuan beku yang dapat mengeluarkan gas yang berisi mineral sekunder dari lubang – lubangnya. Contoh gas mineral tersebut yaitu karbonat dan zeolite.
  •  Struktur xenolith yaitu struktur batuan beku yang dapat memperlihatkan fragem suatu batuan yang tertanam di dalamnya.
  • Struktur autobreccia yaitu struktur pada lava yang memperlihatkan fragmen – fragmen dari lava tersebut.

Jenis Batuan Beku Berdasar Pembentukannya

Macam & Jenis Batuan Beku Berdasar Pembentukannya
Credit to thoughtco.com

Jenis batuan beku sangat banyak. Berbagai jenis batuan beku dapat ditemukan di berbagai tempat di permukaan bumi. Tempat penemuan berbagai jenis batuan beku diantaranya di dataran rendah, dataran tinggi, dan perairan.

Sama halnya dengan berbagai jenis batuan lainnya. Batuan beku memiliki berbagai jenis yang salah satunya dapat dilihat berdasarkan pembentukannya. Jenis batuan beku berdasar pembentukannya terbagi menjadi tiga yaitu batuan beku dalam, batuan beku luar, dan hipabisal (hypabyssal).

Dibawah ini penjelasan jenis batuan beku berdasar pembentukannya dilansir dari dosengeografi.com sebagai berikut.

Batuan Beku Dalam (Intrusif)

Batuan beku dalam adalah batuan yang keberadaannya pada lapisan lempeng tektonik perut bumi. Dengan kata lain, batuan beku dalam berada di permukaan bumi bagian paling bawah. Batuan beku dalam disebut juga dengan batuan intrusif atau plutonik.

Proses pembentukan batuan beku dalam karena magma yang berada di dalam perut bumi mengalami proses yang relatif lambat pada pendinginan atau pembekuan. Proses pendinginan atau pembekuan inilah penyebab terjadinya pembentukan batuan beku dalam.

Holokristalin merupakan suatu pengkristalan yang terjadi pada permukaan batuan. Holo kristalin dapat dilihat secara kasat masa pada batuan beku dalam. Hal ini disebabkan karena proses pendinginan atau pembekuan magma yang relatif lambat.

Batuan beku dalam memiliki banyak contoh yang dapat diketahui dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun jumlah batuan dalam jauh lebih sedikit jumlahnya dibandingkan jenis batuan lainnya. Beberapa contoh batuan beku dalam yaitu batuan beku granit, batuan beku gabro, batuan beku syenit, dan batuan beku diorite.

Batuan Beku Luar (Ekstrusif)

Batuan beku luar adalah batuan yang pada proses pembentukannya berada diluar perut bumi. Proses pembentukan batuan beku luar merupakan kebalikan dari proses pembentukan batuan beku dalam. Batuan beku luar disebut juga dengan batuan beku ekstrusif.

Proses pembentukan batuan beku luar terjadi karena proses pendinginan atau pembekuan lava (magma yang telah keluar dari dalam perut bumi) yang berjalan cepat di luar permukaan bumi. Tetapi apabila dalam proses pembentukan batuan beku luar, lava yang keluar bercampur dengan air maka disebut dengan lahar. Namun, proses terpenting dalam pembentukan batuan beku luar adalah proses pembekuan yang terjadi sangat cepat.

Proses pembentukan batuan beku luar yang sangat cepat menyebabkan tidak dapat berkembangnya mineral – mineral didalam batuan beku tersebut. Sehingga tekstur batuan beku luar lebih halus dibandingkan dengan jenis batuan lainnya. Selain itu, batas antar mineralnya juga tidak terlihat dengan jelas dan didalamnya tidak terdapat kandungan kristalisasinya.

Sama seperti batuan beku dalam, batuan beku luar memiliki banyak contoh yang dapat ditemukan. Beberapa contoh batuan beku luar yaitu batuan beku luar andesit, batuan beku luar obsidian, batuan beku luar basalt, batuan beku luar trakit, dan batuan beku luar riolit.

Batuan Beku Gang atau Korok

Yang dimaksud dengan batuan beku gang atau korok adalah jenis batuan beku yang terbentuk karena magma membeku di dalam korok atau gang dan letaknya lebih dekat dengan permukaan bumi, yakni di rekahan lithosfer bagian atas. Karena dekat permukaan itulah maka proses pembentukan atau pembekuan kristal batu terjadi dengan lebih cepat.

Contoh batuan beku gang atau korok yang sering dijumpai adalah batu granit fosfir.

Batuan Hipabisal (Hypabyssal)

Batuan beku hipabisal (hypabyssal) adalah batuan yang proses pembentukannya di dalam perut bumi, tetapi dekat dengan permukaan bumi. Tepatnya proses pembentukan batuan beku hipabisal terjadi diantara rekahan lapisan litosfer bumi atas atau kerak bumi bagian bawah. Batuan beku hipabisal disebut juga dengan batuan beku korok atau gang.

Proses pembentukan batuan beku hipabisal lebih cepat dibandingkan pembentukan batuan beku dalam. Tetapi lebih lambat dibandingkan pembentukan batuan beku luar. Hal ini menyebabkan pengkristalan pada batuan beku hipabisal tidak sempurna.

Tekstur batuan beku hipabisal secara kasat mata akan memperlihatkan tekstur porfiri. Tekstur porfiri adalah pori – pori kecil yang terdapat disekitar batuan. Tekstur porfiri terjadi akibat pembentukan kristalisasi pada batuan beku hipabisal yang tidak sempurna.

Contoh batuan beku hipabisal yaitu batuan beku porfiri diorit, batuan beku porfiri gabro, batuan beku porfiri dasit dan batuan beku porfiri granit.

Kegunaan & Manfaat Batuan Beku

Batuan beku memiliki segudang manfaat dan kegunaan yang dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi mungkin kita tidak menyadarinya.

Kegunaan dan manfaat batuan beku luar & dalam di kegiatan sehari-hari adalah sebagai berikut:

1. Untuk Bahan Bangunan

Batuan beku sangat bermanfaat sebagai bahan bangunan. Biasanya batuan beku yang digunakan sebagai bahan bangunan adalah batuan beku dalam. Selain sebagai bahan bangunan, batuan beku dalam ini dapat dimanfaatkan juga untuk pembangunan monumen-monumen maupun jembatan.

Contoh batuan beku dalam yang biasanya digunakan sebagai bahan bangunan seperti batuan granit atau gabro. Hal ini karena batuan tersebut dapat membuat tampilan gedung jauh lebih elegan. Selain itu, batuan beku basalt dan andesit dimanfaatkan sebagai bahan bangunan dasar jalan yang dicampur dengan beton dan pondasi jalan.

2. Bahan Campuran Paving Block

Batuan beku dapat digunakan sebagai bahan campuran paving block. Dengan dicampurnya batuan beku seperti batuan beku gabro dapat memperkuat dan membuat tahan lama paving block. Sehingga, paving block akan memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan biasanya.

3. Bahan Produk Kerajinan

Jenis batuan beku obsidian dapat digunakan sebagai bahan produk kerajinan, seperti pembuatan pisau, mata tombak, maupun kepala panah. Selain itu, batuan beku gabro, granit atau diorite juga dapat digunakan dalam pembuatan kerajinan, seperti patung dan gerabah.

4. Bahan Pembuatan Batu Nisan

Siapa sangka batu nisan di pemakaman terbuat dari batuan beku? Pemanfaatan batuan beku digunakan sebagai bahan pembuatan batu nisan karena memiliki tekstur yang keras, tahan lama, dan guratan alaminya. Sehingga, menyebabkan batuan beku terutama batuan beku dalam dipilih sebagai bahan pembuatan batu nisan.

5. Alat Pijat Urut

Batuan beku dapat digunakan sebagai alat pijat urut, terutama batuan beku dalam. Hal ini karena batuan beku dalam terbentuk melalui proses pendinginan atau pembekuan magma yang lambat. Sehingga, kandungan kristalisasi yang terdapat didalam batuan beku dalam dipercaya dapat memperlancar aliran darah.

6. Dapat Digunakan untuk Lantai dengan Pola Alami

Jenis batuan beku seperti batuan granit, diorite, dan gabro sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk lantai dengan memiliki pola alami. Hal ini karena dapat memberikan kesan alami, warna yang cantik, dan kesan yang dirasakan berbeda tidak biasa tentunya.

7. Hiasan Aquarium dan Kolam

Tentu kalian semua sudah mengetahui berbagai hiasan untuk aquarium maupun kolam, salah satunya batu warna warni. Batu warna warni yang digunakan tersebut berasal dari batuan beku hipabisal. Hal ini karena batuan beku hipabisal tersebut memiliki corak dan warna yang beragam dan indah untuk menambah keindahan di dalam aquarium maupun kolam serta membuat ikan hias didalamnya tidak mudah stres.

Kesimpulan & Saran

Batuan beku adalah suatu jenis batuan yang dalam prosesnya dengan atau tanpa kristalisasi yang terbentuk dari cairan magma yang mengalami pembekuan dan akhirnya mengeras. Batuan beku terbagi menjadi tiga jenis berdasar pembentukannya yaitu batuan beku dalam, luar dan hipabisal.

Batuan beku memiliki segudang manfaat yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti bahan bangunan atau konstruksi, pembuatan batu nisan, hiasan aquarium dan kolam. Sehingga, penggunaan batuan beku sangat cocok bagi anda yang memiliki selera alami atau menyatu dengan alam.

Selain batuan beku, anda juga dapat membaca konten kami tentang pengertian dan karakteristik batu andesit.

Referensi

  • Kompas.com. 2022. Batuan Beku: Pengertian, Proses Pembentukan, dan Ciri-Cirinya. Tersedia di https://www.kompas.com/skola/read/2022/09/09/103000169/batuan-beku–pengertian-proses-pembentukan-dan-ciri-cirinya Diakses pada 3 Desember 2022.
  • Wikipedia. Batuan Beku. Tersedia di https://id.wikipedia.org/wiki/Batuan_beku Diakses pada 3 Desember 2022.
  • Ainurrohmah., D. 2022. 5 Ciri Batuan Beku dan Penjelasannya. Tersedia di https://dosengeografi.com/ciri-batuan-beku/ Diakses pada 3 Desember 2022.
  • Geografi.org. Struktur Batuan Beku. Tersedia di https://www.geografi.org/2022/03/struktur-batuan-beku.html Diakses pada tanggal 4 Desember 2022.
  • Prihardani., R. A. 2022. 3 Jenis Batuan Beku Berdasarkan Proses Pembentukannya. Tersedia di https://dosengeografi.com/jenis-batuan-beku/ Diakses pada 10 Desember 2022.
  • Redaksi Manfaat. 8 Manfaat Batuan Beku Dalam Serta Kegunaannya dalam Bidang Konstruksi. Tersedia di https://manfaat.co.id/manfaat-batuan-beku-dalam Diakses pada 11 Desember 2022.
  • BPMPK – KEMDIKBUD. Batuan Beku dan Manfaatnya. Tersedia di https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/medukasi/produk-files/kontenkm/km2016/KM201621/materi2.html Diakses pada 11 Desember 2022.
  • Fandy. Pengertian Batuan Beku: Tekstur, Struktur, Komposisi Mineral, dan Klasifikasinya. Tersedia di https://www.gramedia.com/literasi/batuan-beku/ Diakses pada 11 Desember 2022.
5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar

Butuh Penawaran Harga Batu Alam Andesit?

Bila Anda memerlukan penawaran harga batu alam andesit terbaru, maka silahkan hubungi kami. Sinergi Stone telah berpengalaman dalam pengadaan proyek batu andesit, baik instansi pemerintah maupun swasta.

batu andesit bintik java bakar & polos
Hubungi kami untuk informasi produk dan harga batu andesit terbaru.