jual batu andesit dinding harga murah

Kegunaan Batu Andesit, Karakteristik & Persebarannya

Kegunaan batu andesit yang utama adalah sebagai material bangunan, baik sebagai elemen dinding ataupun lantai. Karena karakteristiknya yang keras, batu alam andesit banyak dimanfaatkan juga sebagai cobblestone, yakni material pengganti paving block.

Kegunaan batu andesit pun bermacam-macam. Batu andesit polos, andesit bakar, hingga andesit susun sirih lumrah digunakan sebagai bahan pembangun jalan raya, lantai rumah ataupun kerajinan tangan.

Saat membaca tulisan ini, saya rasa Anda sudah paham bahwa negara kita memiliki kekayaan alam yang melimpah. Selain keanekaragaman hayati flora dan fauna, Indonesia merupakan negara dengan jumlah gunung berapi terbanyak di dunia.

Yuk baca ulasan Sinergi Stone selaku produsen batu andesit terbesar di Cirebon, Jawa Barat Indonesia.

Gunung Berapi dan Batuan Andesit

Gunung berapi memang seringkali menjadi ancaman bencana nasional, mulai dari gempa hingga letusan yang bisa menghilangkan nyawa. Namun, dibalik itu ada keberkahan yang tak bisa ditolak. Dengan banyaknya gunung berapi di Indonesia, ini menjadi sebab Indonesia kaya akan batu alam. Salah satu batu alam yang menjadi primadona adalah andesit.

Gambar ilustrasi pegunungan andesit

Sumber: unsplash.com

Bumi tempat kita berdiam tersusun oleh berbagai lapisan kulit. Di antara lapisan-lapisan tersebut ada sebuah zat yang tak pernah berhenti bergerak, yaitu magma. Magma yang berbentuk batuan cair ini memiliki suhu yang begitu tinggi. Temperaturnya diperkirakan lebih dari 1000 oC.

Tahu lelehan lava dari gunung berapi? Ya, itu adalah magma yang keluar dari perut bumi. Ketika magma sudah menyentuh permukaan bumi, perubahan suhu yang cepat membuat cairan magma membeku. Di sinilah awal mula batuan beku tercipta. Salah satunya adalah batuan andesit.

Dilansir dari nasional.republika.co.id, terdapat 127 gunung berapi aktif di Indonesia. Bisa Anda bayangkan, dengan jumlah gunung api sebanyak itu, betapa melimpahnya kekayaan batu alam andesit di negeri kita ini.

Karakteristik & Ciri-Ciri Batu Andesit

jual batu andesit dinding harga murah

Warna Batu Andesit

Ciri-ciri batuan andesit sendiri memiliki warna dominan abu-abu. Namun, di situasi tertentu batu alam andesit dapat berwarna coklat ataupun merah. Jika berwarna seperti ini umumnya membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk identifikasi.

Permukaan Batu Andesit

Sedangkan secara karakteristik pada tekstur, batu andesit memiliki butiran kecil seperti yang biasa ditemukan pada ciri-ciri batuan basal. Ini disebabkan oleh lava yang begitu cepat membeku ketika menyentuh permukaan bumi.

Nantinya permukaan batu andesit ini dapat dimodifikasi tergantung kebutuhan. Terlebih jika memanfaatkan andesit untuk keperluan konstruksi ataupun rumah pribadi. Batu alam andesit dapat diproses melalui berbagai jenis finishing.

Misalkan metode flamed atau dibakar, teknik ini akan mempertegas guratan pada permukaan batu andesit. Lalu, ada pula yang namanya metode polishing atau dipoles, teknik ini akan membuat permukaan andesit menjadi lebih licin dan mengkilap.

Motif Permukaan Batu Andesit

Batu alam andesit juga memiliki motif/corak/alur yang dapat dibentuk. Anda dapat menemukan alur yang berbeda-beda ketika hendak membeli batu andesit, mulai dari batu andesit napoli, andesit alur gelombang, andesit alur cacing, batu andesit catur, andesit alur lurus, hingga batu alam andesit susun sirih.

Berbagai macam dan alur jenis batu alam andesit ini dapat disesuaikan dengan kegunaan batu andesit di berbagai sektor.

Persebaran Batu Andesit di Indonesia

Gambar ilustrasi peta persebaran batu andesit di Indonesia

Sumber: unsplash.com

Jika Anda membuka peta Indonesia, lalu memusatkan perhatian pada simbol gunung api, maka sesungguhnya Anda tengah melihat potensi batu alam andesit. Batu andesit dapat ditemukan di berbagai provinsi yang memiliki gunung api aktif maupun tidak. Persebaran batu andesit di Indonesia meliputi:

  • Aceh,
  • Sumatera Utara,
  • Sumatera Barat,
  • Jambi,
  • Bengkulu,
  • Lampung,
  • Jawa Barat,
  • Jawa Tengah,
  • Jawa Timur,
  • Jogjakarta,
  • Kalimantan Selatan,
  • NTT,
  • Sulawesi Utara,
  • Sulawesi Selatan,
  • Maluku 
  • Papua.

Pusat Batu Alam Andesit

Pusat batu alam andesit dapat Anda temukan di pulau Jawa. Dua daerah penghasil andesit terbesar berada di Cirebon dan Majalengka. Batu andesit Cirebon dan batu andesit Majalengka memiliki kualitas andesit yang sudah dikenal. Produksinya sudah membantu berbagai jasa perusahaan konstruksi, pembangunan arsitektur rumah hingga kerajinan tangan untuk ornamen dekorasi.

Jadi, sungguh beruntung jika Anda berada di kawasan penghasil batu andesit. Anda pun tak perlu jauh-jauh memesan dari seberang pulau untuk keperluan bangunan Anda.

Kegunaan Batu Alam Andesit

Kegunaan batu andesit

Sumber: borobudurpedia.id

Setelah mengetahui apa itu batu andesit, ciri-ciri batu andesit, juga proses terbentuknya batu andesit, maka Anda memahami mengapa batu andesit memiliki banyak keunggulan. Kekuatan andesit yang kokoh, motif batu andesit yang beraneka ragam, serta jenis batu alam andesit yang memiliki banyak pilihan menjadi alasan penggunaan.

1. Kegunaan Batu Andesit untuk Dekorasi Pedestrian

Tanpa disadari, Anda akrab dengan yang namanya batu andesit dalam kehidupan sehari-hari. Tak sedikit fasilitas umum menggunakan batu alam andesit, baik digunakan secara utuh ataupun sebagai agregat material pembangun. Sebut saja jalan raya, landasan terbang, pelabuhan, hingga gedung pusat perbelanjaan. Banyak dari infrastruktur tersebut menggunakan batu alam, termasuk batuan andesit.

Salah satu area publik yang dapat memanfaatkan batu andesit adalah jalur pedestrian atau jalur pejalan kaki.

Dalam desain tata kota modern saat ini, trotoar ataupun jalur pedestrian merupakan salah satu area yang diberikan fokus lebih. Tak sedikit kota di dunia mulai melebarkan jalur pejalan kaki. Bahkan ada yang memiliki jalur pedestrian yang lebih lebar dari jalan rayanya.

Selain melebarkan jalur pejalan kaki, kota-kota di seluruh dunia berlomba memberikan kenyamanan pada jalur pedestrian mereka. Termasuk penggunaan material yang tepat. Selain menggunakan paving, kegunaan batu andesit untuk trotoar atau jalur pejalan kaki mulai menarik perhatian.

Semisal di Kota Lama, Semarang. Penggunaan batu andesit dipasang pada jalur pedestrian di sana. Simak video lengkapnya di sini

Manfaat pemasangan batu andesit pada jalur pedestrian pun membuat nyaman masyarakatnya. Ini senada dengan semangat membatasi pemakaian kendaraan pribadi dan mulai sering berjalan kaki.

Selain nyaman digunakan untuk berjalan, jalur pedestrian yang cantik pun bikin tertarik untuk berfoto. Apalagi bagi mereka yang masih muda dan suka bermain media sosial. Tentu ini bisa menjadi keunggulan wisata bagi kota tersebut.

2. Kegunaan Andesit untuk Dinding, Lantai dan Pagar Rumah

Jika Anda mengetikkan “Desain rumah batu alam” pada pencarian Google, maka Anda akan menemukan berbagai jenis dekorasi rumah menggunakan batu alam. Mulai dari palimanan, batu candi, sabak, hingga batu alam andesit menjadi rekomendasi.

Itu mengapa batu andesit sudah menjadi penggunaan umum dalam desain rumah. Bagian rumah yang seringkali menggunakan andesit adalah lantai, dinding, dan pagar berdesain elegan. Baca ulasan kami tentang ukuran batu andesit untuk dinding dan lantai.

Berbagai jenis, ukuran dan model andesit yang bervariasi membuatnya fleksibel dalam penggunaan. Semisal andesit bintik bakar cocok digunakan pada lantai kamar mandi. Batu andesit susun sirih akan cantik dipasang sebagai dinding luar rumah. Sedangkan andesit pola gelombang bisa dipertimbangkan sebagai pagar.

3. Kegunaan Andesit sebagai Nisan Kuburan

Pemanfaatan batu andesit bisa diaplikasikan ke banyak keperluan. Salah satunya adalah kegunaan andesit sebagai material nisan kuburan. Menurut id.wikipedia.org, andesit zaman sekarang masih digunakan sebagai komponen nisan kuburan orang Tionghoa.

Sudah menjadi kesadaran masyarakat masa kini, kuburan perlu dibuat senyaman dan secantik mungkin. Selain bentuk penghormatan kepada yang sudah wafat, ini juga memberikan kenyamanan bagi peziarah yang datang.

Dibandingkan penggunaan batu alam marmer yang juga biasa digunakan sebagai nisan, batu andesit lebih murah didapat. Ini bisa menjadi alternatif jika menginginkan penggunaan batu alam sebagai nisan kuburan.

4. Kegunaan Batu Andesit untuk Kerajinan Tangan

Suka mengoleksi kerajinan tangan yang unik? Sudah memiliki kerajinan tangan dari batu andesit? Jika belum, Anda bisa melengkapi koleksi Anda dari batu alam andesit. Selain unik dan harganya yang bervariasi, kerajinan tangan dari andesit juga bisa digunakan sehari-hari. Semisal cobek ataupun lumpang.

Jika Anda seseorang yang senang akan patung, desain patung dari batu andesit juga bisa Anda pertimbangkan. Selain patung untuk dekorasi ruangan, ada juga berbagai macam kerajinan tangan dari batu andesit, semisal arca, miniatur candi, ataupun miniatur stupa.

Semua kerajinan tangan ini memiliki harga yang beraneka rupa. Untuk cobek, kisaran harga dipatok mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 400.000 untuk ukuran yang jauh lebih besar. Kalau untuk patung harganya relatif mahal, lantaran penggunaan batu alam dan proses pembuatan yang cukup lama. Harga patung batu andesit sendiri berada pada kisaran harga 5 juta hingga 50 juta rupiah.

Kesimpulan dan Saran

Ketika Anda sudah sampai di ujung artikel ini, Anda pun telah memahami apa itu batu alam andesit serta kegunaan batu andesit. Semoga tulisan ini bermanfaat. Siapa tahu Anda tengah mempertimbangkan untuk membeli batu andesit, baik untuk keperluan desain rumah ataupun koleksi kerajinan tangan batu andesit.

Bila proyek pembangunan anda membutuhkan batu andesit dalam jumlah besar, maka silahkan hubungi Sinergi Stone. Kami siap memasok kebutuhan anda akan batu alam ini. Kami adalah supplier batu andesit. Baca portofolio kami.

Terima kasih. Sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

Daftar Pustaka

  • Bumindos.com. 2020. PT Bumi Indo Resources – Bumindos. [online] Available at: <http://bumindos.com/artikel/?detail=Andesit#:~:text=Di%20Indonesia%2C%20persebaran%20batu%20ini,Timur%2C%20Jogjakarta%2C%20Kalimantan%20Selatan.> [Accessed 18 July 2020].
  • Id.wikipedia.org. 2020. Andesit. [online] Available at: <https://id.wikipedia.org/wiki/Andesit> [Accessed 18 July 2020].
  • IlmuGeografi.com. 2020. Batuan Andesit : Pengertian, Proses Dan Manfaatnya – Ilmugeografi.Com. [online] Available at: <https://ilmugeografi.com/geologi/batuan-andesit> [Accessed 18 July 2020].
  • Republika Online. 2020. 127 Gunung Api Aktif Di Indonesia, 19 Di Pulau Jawa |Republika Online. [online] Available at: <https://nasional.republika.co.id/berita/pvdpcx282/127-gunung-api-aktif-di-indonesia-19-di-pulau-jawa#:~:text=127%20Gunung%20Api%20Aktif%20di,di%20Pulau%20Jawa%20%7C%20Republika%20Online> [Accessed 18 July 2020].

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *