Aneka Batu Alam

Di pasaran tersedia aneka batu alam yang cocok untuk mempercantik rumah, baik itu dinding, pilar teras dan pagar rumah. Hunian yang nyaman adalah hunian yang dibuat indah dan mampu membantu lepaskan penat karena pekerjaan. Untuk mendapatkan hunian yang indah dan nyaman salah satunya dengan menggunakan batu alam sebagai pilihan.

Jenis batu alam terbaik merupakan salah satu material yang digunakan komponen dalam pembangunan rumah. Namun, tidak semua jenis batu alam digunakan sebagai bahan bangunan rumah.

Namun dari macam-macam batu alam yang tersedia di pasaran, batu alam manakah yang tepat dijadikan pilihan untuk rumah? Hal ini penting, untuk mendapatkan batu alam yang tepat dan sesuai dengan desain pada rumah. Untuk mengetahuinya, jangan lewatkan jawabannya di bagian lain.

Overview

Jenis Batu Alam Terbaik untuk Rumah
jenis batu alam terbaik

Batu alam yang digunakan untuk pembangunan biasanya yang memiliki karakteristik kuat. Karakteristik tertentu seperti indah, unik dari corak batu tersebut menjadi unsur penilaian penting dalam penggunaannya.

Bagian yang dikhususkan memiliki ciri khas bangunan biasanya terletak pada dinding dan lantainya. Untuk mendapatkan kesan menarik dan unik pada sebuah dinding, penggunaan batu alam dinding sangatlah tepat. Batu alam dinding baik dinding luar maupun dalam akan membuat sebuah bangunan terlihat indah namun alami.

Penggunaan batu alam lantai juga dapat memberikan kesan mewah dan menyegarkan. Keindahan dan keunikan dinding dan lantai suatu banguan dapat diawali dengan pemilihan jenis batu alam terbaik yang akan digunakan dalam proses pembangunannya. Untuk mendapatkan hasil desain akhir yang maksimal tentunya perlu memahami jenis batu alam yang bagus digunakan sebagai bahan dekorasi bangunan yang akan dibuat.

Ada banyak jenis batu alam yang dapat kita aplikasikan di dinding, baik sebagai dekorasi interior maupun eksterior. Sebut saja seperti batu andesit, batu koral, batu kali, batu palimanan, batu templek hingga keramik.

Tersedia berbagai macam pilihan batu alam yang sangat beragam. Misalnya saja batu andesit rata alam, andesit rata mesin, andesit honed, andesit polished, andesit coating, andesit motif alur, dll.

Permintaan batu alam meningkat

Motif dan jenis batu alam
Motif batu alam

Tren arsitektur dan bangunan unik berhiaskan batu alam semakin meningkat baik dari segi permintaan maupun peminatnya. Meningkatnya peminat penggunaan batu alam sebagai bahan bangunan, menjadi salah satu faktor adanya keinginan para wirausaha untuk menjual batu alam. Tentunya dengan harga jual yang berbeda pada setiap motif dan jenis batu alam yang dijual.

Semakin meningkatnya peminat batu alam menyebabkan semakin naiknya harga jual batu alam. Semakin susahnya batu alam untuk ditemukan, maka harga batu alampun semakin tinggi.

Selain menjadikan bangunan tampak unik dan indah, pemasangan batu alam juga mempengaruhi harga bangunan tersebut ketika akan dijual. Keunikan batu alam yang terpasang dalam bangunan tersebut dapat menaikan berkali lipatnya harga bangunan tersebut, bahkan bisa mencapai tiga kali lipat. Sebelum anda membeli dan memasang batu sebagai bahan bangunan anda, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui variasi ukuran dan harga batu alam ini.

Pemakaian batu alam ini akan membuat dinding rumah tampak berbeda dan tentunya semakin indah. Kita bisa pertimbangkan pemakaian batu alam untuk memberi kesan alami. Berikut beberapa jenisnya yang cukup banyak digunakan dan ditemukan di pasaran. 

Aneka Batu Alam

aneka batu alam

Selain keramik, batu alam juga dapat digunakan untuk mendekorasi pagar rumah, berikut ini beberapa desain batu alam yang digunakan untuk mendekorasi pagar rumah minimalis

Dibawah ini akan disampaikan beberapa jenis batu alam dinding maupun lantai yang dapat dijadikan pilihan. Anda dapat memilihnya, sesuai dengan desain yang dibangun di rumah, berikut ulasannya

Batu alam andesit

batu alam dinding

Batu andesit merupakan batu yang terbentuk akibat pembekuan vulkanik atau lava. Tekstur dari batu ini sangat keras sehingga sangat cocok dijadikan bahan dinding. Batu ini terkesan alami, aestetik dan juga tahan terhadap cuaca sehingga dapat bertahan cukup lama. Warna hitam dan abu menjadikan batu ini terlihat elegan dan cocok bila digunakan untuk bangunan yang minimalis terutama jika dijadikan sebagai batu alam lantai.

Mudahnya memotong batu ini menjadikan para pecinta batu memilih batu andesit sebagai bahan interior bangunan impian. Tekstur keras membuat batu ini tahan terhadap goresan dan tidak memerlukan perlakuan khusus dalam merawatnya. Apabila pada batu lain memerlukan proses coating batu alam untuk menjaga ketahanannya, batu andesit tidak memerlukan proses itu.

Anda dapat membeli batu andesit langsung ke suppliernya. Rekomendasi terbaik kami adalah Sinergi Stone. Tersedia berbagai jenis batu alam terbaik untuk lantai dan dinding.

Batu alam andesit yang tahan terhadap cuaca dan memiliki pori kecil menjadikan jenis batu ini cocok digunakan untuk dekorasi pagar rumah. Jenis batu alam ini cocok digunakan pada rumah dengan konsep minimalis.

Motif dan corak batuan yang biasanya tersedia pada penjual batu andesit ini yaitu corak alur, sirih bintik, sirih cakar dan abstrak. Karakteristik yang kuat dan tahan terhadap cuaca membuat batu ini banyak diminati untuk dijadikan pagar. Pada dasarnya, pagar dibuat untuk melindungi rumah dari berbagai gangguan dari luar.

Batu andesit selain dapat digunakan untuk dinding interior juga dapat digunakan sebagai bahan untuk pagar. Jenis batu alam andesit yang digunakan untuk pagar yaitu polos dan corak bintik hitam. Batu alam andesit akan terlihat lebih klasik apabila dipadukan dengan besi untuk menghias pagar rumah. Batu andesit ini terkenal dengan warna khas gelap yang menjadikan batu ini lebih terlihat elegan namun bisa digunakan untuk menyempurnakan rumah dengan konsep minimalis.

Batu andesit Cirebon memiliki warna putih abu-abu dengan butiran kecil seperti batu basalt. Karakteristik batu alam andesit lainnya ialah pori-pori padat dan tingkat kekerasan yang tinggi. Selain itu, batu andesit juga tahan akan goresan maupun perubahan cuaca. Jenis batu alam terbilang sempurna sebagai aplikasi bagian rumah mana saja, baik interior maupun eksterior. Kelebihan batu andesit terutama karena batunya tidak mudah berjamur atau berlumut walau terkena air dan nyaris tidak memiliki pori-pori.

Batu andesit terbagi dalam beberapa jenis, yaitu:

  1. Batu andesit bintik bakar, dinamai demikian karena permukaannya bermotif bintik-bintik gelap seperti bekas terbakar
  2. Batu andesit rata alam yang permukaannya nyaris rata tanpa motif sehingga memberi kesan minimalis
  3. Batu andesit susun sirih dimana permukaannya bermotif kotak-kotak seperti batu bata yang tersusun rapi 
Jenis Batu Andesit Cirebon Jawa Barat untuk Dinding Pagar Rumah 2019
Jenis Batu Andesit Rata Alam Cirebon Jawa Barat untuk Dinding Pagar Rumah 2019

Bila anda tertarik untuk order batu alam andesit buat keperluan pagar, dinding, jalan, trotoar, taman, carport, garasi, pengganti paving block dll. Untuk pemesanan, silakan hubungi Sinergi Stone. Andesit bakar cirebon & majalengka Jawa Barat harga jual pabrik bisa anda dapatkan dari SInergi Stone. Jenis batu andesit bintik bakar atau andesit rata alam dan andesit hitam bisa anda gunakan untuk carport trotoar dinding dll.

Di era sekarang semakin berkembangnya inovasi mengakibatkan terciptanya ide-ide yang cukup mengagumkan. Seperti halnya mamadukan batu alam dengan kayu untuk menjadikan pagar rumah terlihat minimalis namun elegan. Pagar dengan bahan batu alam dan kayu merupakan perpaduan konsep modern dengan konsep tradisonal. Perpaduan ini dapat digunakan bagi anda yang ingin memilik rimah dengan konsep minimalis namun tidak ingin mengeluarkan biaya yang begitu besar.

Banyaknya teknik pengolahan dan motif dari batu alam andesit ini mempengaruhi perbedaan harga jual yang cukup bervariasi pada setiap ukuran dan motifnya. Ukuran yang batu andesit yang dijual berukuran 15 cm2 sampai 60 cm2. Kisaran harga jual batu andesit dari 65.000 sampai 180.000.

Pada batu ini bisanya terdapat biaya tambahan untuk proses finishing. Beberapa variasi finishing batu ini yaitu alur, honed dan polished. Biaya tambahan untuk proses finishing setiap variasipun berbeda. Untuk alur biaya tambahan berkisar 10.000, honed berkisar 15.000 dan polished berkisar 25.000.

Hubungi supplier batu andesit, sinergi stone untuk memenuhi kebutuhan batu alam anda. Modelnya lengkap dan harganya murah.

Batu alam palimanan

rumah batu alam
rumah batu alam

Batu palimanan merupakan salah sat batu yang dapat digunakan untuk menghias pagar rumah dengan konsep minimalis. Batu palimanan dapat disusun dan dipadukan dengan besi maupun hanya batu palimanan saja. Batu ini merupakan jenis batu yang memiliki karakteristik yang cukup kuat sehingga dapat memberikan kesan kokoh pada pagar rumah yang menggunakan batu ini sebagai salah satu material untuk mendeskorasi pagar rumah dengan konsep minimalis. Batu alam palimanan RTA disarankan untuk digunakan pada hasil akhir agar terkesan lebih alami.

Batu palimanan banyak digunakan untuk dinding karena memiliki karakter kuat dan awet. Batu ini berasal dari sedimentasi butiran pasir, oleh karena itu batu ini dinamakan sandstone. Terdapat tiga warna batu ini yaitu batu palimanan putih, kuning dan emas.  Batu ini tidak tahan terhadap kondisi lembab, maka dari itu batu ini cocok dijadikan sebagai bahan interior. Jika digunakan sebagai bahan eksterior, perlu dilakukan coating pada batu ini. Selain coating batu ini tentunya memerlukan perawatan yang intensif untuk menjaga ketahanan batu ini. Batu palimanan sangat cocok dijadikan sebagai batu alam dinding.

jual batu alam
jual batu alam

Batu palimanan biasanya dipasang pada dinding rumah baik bagian dalam maupun luar. Keunikan batu ini yaitu memiliki tekstur berpori dan dominan berwarna cokelat  dan putih sehingga cocok digunakan pada dinding. Ukuran batu palimanan yang tersedia di pasar yaitu 10 x 10 cm, 15 x 15 cm, 20 x 20 cm, 20 x 40 cm, 15 x 30 cm.

Ukuran pada setiap penjual mungkin akan berbeda tergantung banyaknya permintaan. Harga jual batu alam palimanan in berkisar antara 65.000 sampai 150.000. Harga ini cukup tergolong terjangkau bagi masyarakat yang ingin menggunakan batu ini sebagai desain interior bangunan, sehingga tidak perlu mengeuarkan budget yang terlalu besar.

Batu alam cupang merah

Batu ini terbentuk dari sedimentasi butiran pasir yang bermetamorfosis. Disebut batu cupang merah karena memiliki warna unik yaitu pink dan akan menjadi merah ketika dilakukan coating. Batu ini tergolong batu yang cukup mahal karena keberadaannya yang sulit ditemukan.

Harga batu alam ini di pasaran pun berkisar antara 100.000 sampai 130.000 dengan variasi ukuran 10 x 10 cm, 15 x 15 cm, 20 x 20 cm, 30 x 30 cm, 40 x 20 cm. Seperti halnya batu andesit, cupang merah juga pada proses finishing terdapat penambahan biaya antara 20.000 – 80.000.

Batu alam candi merah

Proses terbentuknya batu ini yaitu akibat adanya aktivitas larva gunung berapi. Sama halnya batu andesit batu ini memiliki pori-pori namun berukuran lebih besar. Seperti namanya, batu in berwarna merah. Biasanya digunakan pada dinding pagar, kolam renang, lantai rumah dan lainnya.  

Ukuran produksi batu ini yaitu 10×20 cm, 40×60 cm dan 30×30 cm. Batu ini tidak proses finishing karena ukuran porinya yang ukup besar membuat sulit untuk mengaluskan batu ini. Namun justru menjadi jenis batu alam yang alami. Harga jual batu alam candi merah ini berkisar antara 83.000 sampai 120.000.

Batu alam palem

Batu ini merupakan batu alam sandstone atau yang terbentuk akibat sedimentasi butiran pasir. Dari segi visualisasi batu ini terkesan sama dengan bati palimanan, akan tetapi memiliki sedikit perbedaan warna. Batu palem cenderung berwarna kecokelatan sedangkan batu palimanan cenderung kekuningan. Batu ini dijadikan alternatif lain ketika stok batu palimanan menipis.

Harga jual batu ini antara 65.000 sampai 80.000 dengan ukuran 10 x 20 cm, 15 x 15 cm, 15 x 30 cm, 20 x 40 cm dan 30 x 30 cm.

Batu putih cacing

Batu putih cacing merupakan salah satu jenis dari batu Cirebon dan tergolong dalam sandstone. Warna putih dan jenis batu yang tak beraturan menjadikan batu ini dinamai batu putih cacing.

Para pengrajin batu ini mengolahnya menjadi berbagai ukuran, yaitu ukuran 10x10cm, 10x20cm, 15x15cm, 15x30cm, 20x40cm dan 30x30cm dengan harga jual sekitar 65.000 sampai 85.000 dan proses finishing seharga 20.000 sampai 85.000. Kelebihan batu ini yaitu indah dan mudah dibentuk menjadikan batu ini memungkinkan untuk divariasi lebih unik.

Batu marmer

Dalam pembangunan batu yang seringkali digunakan yaitu batu marmer. Batu marmer merupakan hasil metamorfosa dari batu kapur atau batu gamping. Batu ini biasanya digunakan untuk lantai, dinding dan berbagai alat-alat lainnya. Keindahan dari batu ini terletak pada warna, corak atau pola tertentu yang membuat batu ini cocok dijadikan sebagai bagian dari material suatu bangunan.

Selain itu batu marmer memiliki beberapa kelebihan seperti tahan lama, mudah untuk dibersihkan, mudah untuk dipahat dan tentunya memiliki visualisasi yang tidak diragukan lagi. Ketika suatu bangunan menggunakan batu marmer sebagai dekorasi maka bangunan tersebut akan terkesan mewah. Terlepas dari indah dan uniknya batu ini, ternyata memiliki sifat sensitif terhadap cuaca terutama panas dan hujan.

Batu alam marmer merupakan batu alam yang sangat sering digunakan untuk menghiasi sebuah rumah dengan konsep minimalis namun terkesan elegan. Meskipun dibandrol dengan harga yang tergolong mahal, namun keindahan batu ini membuat orang tidak sungkan untuk mengeluarkan budget yang cukup besar. Kesan minimalis akan dirasakan apabila batu ini dipasang pada interior rumah.

Terakhir, inilah batuan marmet yang banyak digunakan untuk bagian dalam dan luar rumah. Kesan yang diberikan setelah penggunaan marmer adalah mewah dan elegan. Karenanya, macam-macam batu alam ini cocok untuk rumah yang memiliki fantastis. Namun jika ditelisik lebih dalam, anda dapat memanfaatkannya untuk jenis rumah apapun, asalkan dapat sesuai dengan budger yang ada.

Batu granit

batu alam lantai

Batu granit merupakan salah satu batu yang seringkali digunakan untuk lantai. Magma yang membeku melalui beberapa tahap dalam bumi menjadikan terbentuknya batu ini. Dari segi visualisasi batu ini tidak kalah indahnya dengan batu marmer. Warna yang lebih dominan gelap seperti abu-abu menjadikan lantai terlihat elegan.

Kandungan yang terdapat didalamnya merupakan salah satu faktor dari warna batu ini. Beberapa keunggulan yang menjadikan batu ini digunakan sebagai salah satu material bangunan yaitu kokoh, keras dan biasanya ditemukan dalam ukuran yang cukup besar cocok dijadikan sebagai batu alam dinding.

Penggunaan granit ini memberikan kesan estetik yang memanjakan mata. Motif batu alam granit yang bermacam-macam memudahkan untuk memilih yang sesuai dengan konsep rumah. Beberapa motif batu alam granit yaitu, motif modern, hitam putih, dan motif abstrak.

Motif condong kearah warna gelap sangat cocok dijadikan sebagai bahan untuk mendekorasi pagar keramik rumah. Kesan kuat dan kokoh akan terlihat pada rumah anda apabila menggunakan batu granit sebagai material keramik batu alam.

Granit adalah macam-macam batu alam yang banyak disukai di pasaran. Penggunaan batu ini disukai karena memberikan kesan unik dan tahan dari berbagai jenis cuaca. Penggunaan batu granit biasanya dilakukan pada bagian lantai rumah. Namun jika memahami cara penggunaannya, batu jenis ini dapat digunakan untuk bagian dinding dengan finishing tertentu.

Para pengagum batu pasti tidak asing dengan salah satu batu ini. Batu granit sangat diminati banyak orang sehingga semakin hari jumlah peminatnya semakin naik. Batu granit biasanya digunakan untuk menghiasi lantai. Penggunaan batu ini akan memberikan kesan mewah dan elegan suatu ruangan.

Harga batu ini tergolong mahal dan bervariasi pada setiap ukuran. Variasi ukuran batu granit yaitu 30×30, 40×40, 30×60, dan 60×60. Penjual batu granit mematok harga batu ini berkisar antara 150.000 sampai 300.000 per m2. Meskipun batu ini terbilang mahal namun dengan keindahan visualisasinya tetap tidak menurunkan peminatnya di pasar. Sebagian orang akan puas dengan hasil penggunaan batu ini.

Batu Hijau

Pernahkah anda mendengar macam-macam batu alam ini? Jika belum mendengarnya, inilah waktunya mengupdate informasi. Batu hijau adalah jenis batu alam yang langka dan hanya dapat ditemukan di Indonesia. Penggunaan batu ini, tepat untuk rumah yang memiliki kolam renang. Karena nantinya, batu hijau akan digunakan sebagai lantai kolam renang.

Setelah dipasangkan dengan teknik yang tepat, anda dapat melihat refleksi warna yang mewah. Selain memberikan manfaat karena refleksi warnanya yang unik, batu hijau juga dapat digunakan untuk membuat lantai kolam lebih nyaman. Karena tidak cepat licin dan dapat menyerap mikroorganisme. Hal inilah yang menyebabkan, jenis batu alam dinding ini banyak digunakan untuk lantai kolam.

Batu Candi

Satu lagi jenis batu alam yang banyak digunakan di rumah minimalis adalah batu candi. Batu alam ini terbentuk dari lava gunung berapi. Bentuknya pun cukup unik, yaitu berbentuk lempengan. Menurut informasi, batu candi disukai karena tahan terhadap cuaca panas maupun dingin. Namun, dibandingkan macam-macam batu alam lain, batu ini membutuhkan perawatan lebih.

Mendengar istilah candi hal yang pertama terlintas adalah sebuah bangunan candi. Namun untuk kakli ini yang dimaksud disini adalah batu alam candi yang dapat digunakan sebagai material bangunan. Karakter kuat dank eras sekaligus warna yang cenderung gelap memberikan kesan alami dan nuansa sejuk sehingga batu ini cocok digunakan untuk membuat pagar batu alam rumah anda. Selain itu harga batu ini cukup terjangkau, hanya saja batu ini memerlukan perawatan yan intensif demi menjaga ketahanan batu.

Batu alam candi termasuk dalam jenis batuan lavastone karena terbentuk dari larva yang membeku. Terkstur yang kuat membuat batu ini digunakan sebagai bahan dekorasi dinding. Permukaan batu ini memiliki pori-pori yang cukup besar sehingga memudahkan lumut untuk tumbuh. Untuk mengatasi hal itu batu ini perlu dilakukan pengecetan batu atau coating yang cukup rutin. Pemasangan dan perawatan batu ini tergolong mudah. Hanya memerlukan sikat dan air saja untuk perawatannya. Selain perawatan yang cukup mudah harga batu ini juga tergolong murah. Kesan kuat dan elegan akan terlihat dengan pemasangan batu ini pada dinding bangunan.

Batu Sabak

Macam-Macam Batu Alam
Macam-Macam Batu Alam

Macam-macam batu alam berikutnya adalah batu Sabak. Batu ini dikenal pula dengan slate stone, karena terbuat dari lumpur. Tampilannya tergolong cukup unik dibandingkan batuan lain, karena bentuknya yang tidak rata. Penggunaan batu ini dapat digunakan baik di luar maupun didalam rumah. Lantas, bagaimana dengan ketersediaan warnanya?

Pada umumnya, warna dari batu ini adalah abu-abu tua maupun muda. Namun jika mencari secara lebih dalam, anda dapat menemui warna lain seperti coklat, ungu hingga hitam. Karenanya, disarankan untuk melakukan pencarian batuan ini secara detail. Sehingga didapatkan keramik batu alam yang sesuai dengan kebutuhan dan desain rumah.

Batu sabak memiliki karakteristik yang hamper serupa dengan batu andesit. Susunannya yang berlapis-lapis membuat batu ini disebut batu lempeng. Susunan batu membuat batu ini cocok dijadikan untuk pagar rumah berkonsep minimalis.  Lempengan dari batu ini akan terlihat lebih menarik apabila telah ditumpuk menjadi dekorasi sebuah pagar.

Batu templek

pagar batu alam templek

Pagar batu alam templek dibuat dari jenis batu alam dinding yang ditempelkan seperti keramik. Istilah templek berasal dari bahasa Jawa yang bermakna tempel.

Kecenderungan orang menggunakan batu ini untuk pagar rumah bagian luar. Pemasangan yang terkesan acak-acakan namun unik menjadikan pagar rumah terlihat menarik. Batu ini memiliki ketahanan cukup terhadap hujan maupun panas. Ciri khas batu ini berada pada namanya.

Biasanya menggunakan nama daerah asal batu tersebut. Harga jual batu alam ini berkisar antara 60.000 sampai 65.000 per m2.

Jenis batu alam ini memiliki khas yaitu sebutan nama tergantung dari mana asal pembuatannya. Yang membedakan dari masing-masing daerah hanya pola atau motifnya saja tidak pada kualitas maupun kelebihannya. Biasanya batu ini memiliki pola yang acak dan ukuran yang beranekaragam. Batu temple digunakan pada dinding bagian luar. Batu ini terkenal dengan karakteristik yang kuat terhadap cuaca. Corak yang simple membuat dinding terlihat alami dan minimalis apabila di desain menggunakan batu ini.

Jenis batu alam templek memang populer dijadikan sebagai model dinding rumah minimalis di bagian teras dan pagar. Selain itu, harga batu alam jenis ini juga terbilang murah. Bentuknya tipis seperti lempengan dan biasanya merupakan jenis batu andesit rata alam. Lihat gambar batu alam templek di bawah ini.

batu alam templek untuk dinding

Jenis batu alam templek umumnya dikenal dengan sebutan sesuai daerah asal produksinya. Misalnya batu templek Garut, batu templek Salagedang, batu templek Purwakarta dan masih banyak lainnya.

Motif pemasangan batu alam dilakukan secara acak. Dengan cara ini bisa membuat tampilan rumah batu alam semakin alami dan disukai orang. Batu alam templek sering diaplikasi orang untuk dijadikan dinding dan pagar rumah.

Tekstur alami yang dimilik batu ini sangat cocok untuk dipasang pada pagar rumah. Motif batu alam ini tidak beraturan di satu sisi. Lihat cara pasang batu alam templek di video berikut ini

Batu kali

Batu kali bisa digunakan untuk finishing kolam, dinding eksterior, taman dan juga pagar. Warna batu ini yang tersedia untuk finishing yaitu hitam, abu ungu dan cokelat. Warna hitam dan abu lebih dominan dan cocok digunakan untuk finishing pada pagar rumah batu alam. Batu ini memerlukan perawatan khusus seperti permbersihan dari lumut dengan cara di gososk dan di siram dengan air. Penggunaan batu ini dapat menghemat biaya karena tidak tergolong batu yang dijual dengan harga mahal.

Batu kali ialah bongkahan batu dengan ukuran tidak beraturan yang didapat dari sungai (kali, bahasa Jawa) ataupun gunung. Dibandingkan batu andesit Cirebon, batu kali lebih banyak digunakan sebagai pondasi rumah atau bangunan. Pemasangannya dilakukan bersamaan dengan mortar yang terdiri dari campuran semen, air dan pasir pada saat konstruksi awal bangunan. Batu kali juga banyak digunakan sebagai bahan bangunan karena sifatnya yang tahan akan kondisi lingkungan seperti panas dan hujan.

Bahan yang cukup baik untuk lantai kamar mandi selanjutnya yakni batu kali. Batu kali memiliki kekuatan yang tahan lama dari genangan air. Sifatnya yang anti erosi membuat air tidak merembes ke bagian terdalam lantai. Selain itu, batu kali juga meningkatkan nilai estetika dari kamar mandi Anda.

Jenis-jenis batu kali di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Batu kali bulat yang bentuknya bulat tidak beraturan serta didapat dari sungai. Bahan bangunan ini cukup keras serta tahan akan cuaca, akan tetapi mortar akan kurang menempel kuat karena teksturnya yang halus
  2. Batu kali belah yang bentuknya besar untuk kemudian dihancurkan menjadi ukuran 30 hingga 40 cm dan didapat dari bukit atau gunung. Jenis ini terbilang lebih baik karena tekstur keras dan permukaannya cukup kasar sehingga mortar akan menempel kuat 

Batu paras

Terbentuknya batu ini berasal dari batu kapur dan termasuk dalam tipe limestone. Daerah yang memroduksi ini ada di daerah jawa tengah seperti jogja dan sekitarnya. Karena memiliki pori-pori dan mudah menyerap air, maka batu ini tidak disarankan untuk digunakan sebagai bahan dinding bagian luar karena akan mudah di tumbuhi lumut apabila dalam kondisi lembab.

Batu ini memiliki jenis batu alam yang unik dan diminati banyak orang. Corak warna yang paling banyak diminati yaitu corak warna putih dan corak warna krem atau limestone.

Harga jual batu ini sedikit mirip dengan harga batu palimanan yang cenderung terjangkau oleh masyarakat banyak. Harga jual batu ini berkisar antara 65.000 sampai 85.000 per m2.

Batu alam ini dijadikan sebagai bahan dekorasi dinding bagian luar. Paras jogja digemari karena memiliki warna putih seperti salju dan kadang juga ada yang berwarna cream. Karena kelembutannya menjadikan batu ini mudah dipahat dan dibentuk sesuai dengan keinginan dan ukuran sehingga digemari oleh banyak pemahat.

Batu paras ini digunkan pada dinding kamar mandi, ruang tamu dan lainnya. Warna putih maupun cream akan memberikan kesan menawan dan sejuk. Selain warna yang simple teknik pemasangannya pun mudah sehingga banyak orang yang menggunakan batu ini sebagai desain interior maupun eksterior rumah.

Mengingat struktusnya yang lunak batu ini disarankan untuk digunakan pada bagian dalam atau interior rumah.

Sesuai dengan namanya batu ini berasal dan banyak diproduksi di daerah Yogyakarta. Selain untuk finishing desain interior sebuah rumah, batu ini juga dapat digunakan untuk finishing pagar rumah berkonsep minimalis. Karakteristik yang seperti kapur membuat batu ini harus dirawat dengan intensif karena batu ini memiliki tekstur berpori yang mampu dengan mudah menyerap air. Perawatan yang dapat dilakukan yaitu menggosoknya dan menyiram dengan menggunakan air.

Batu gamping

Batu gamping atau biasa disebut batu kapur sering dijadikan sebagai bahan untuk mendesain suatu bangunan seperti rumah. Karena kekokohannya batu ini digemari banyak orang. Batu ini sering ditemukan dengan berbagai warna seperti biru, abuu, cokelat, dan merah muda. Warna yang indah membuat dinding terlihat lebih natural.

Batu gamping ditemukan dalam ukuran yang bear sehingga mempermudah untuk mendapatkan ukuran yang diinginkan sesuai desain dinding. Batu ini rentan dan sensitive terhadap cuaca sehingga disarankan untuk digunakan pada desain interior bangunan.

Keramik

Keramik merupakan batuan alam selanjutnya yang tidak kalah populer dari batu andesit Cirebon. Keramik adalah hasil seni serta teknologi yang menghasilkan barang dari tanah liat yang melalui proses pembakaran. Umumnya, senyawa keramik akan lebih stabil terutama di lingkungan kimia dan termal dibandingkan elemennya. Bahan baku keramik diantaranya adalah clay, kwarsa, feldspar, kaolin serta air. Sifatnya sangat ditentukan struktur kristal, mineral serta komposisi kimia bawaan.

Sebuah ruangan akan terlihat unik dan menarik apabila didekorasi menggunakan batu ini. Cocok dipasang sebagai batu alam lantai atau dinding sebuah ruangan. Batu ini dipasang dengan berbagai warna. Batu ini dipasang secara cladding yang akan membuat dinding terkesan mozaik, warna-warni dan juga alami. Batu alam ini sering digunakan untuk mendekorasi lantai kamar mandi dan juga lantai taman. Pemasangan batu inipun mudah, yaitu seperti pemasangan keramik pada umumnya. Ukuran batu ini pun dapat disesuaikan dengan pesanan.

Beberapa jenis batu alam terbaik di atas dapat dijadikan sebagai batu alam untuk dinding maupun lantai untuk memperunik bangunan impian anda. Sudahkah anda memutuskan untuk menggunakan batu alam yang mana?  Buatlah tempat tinggal anda terasa nyaman. Semoga bermanfaat.

Hal penting untuk membuat rumah batu alam anda terkesan minimalis yaitu mengetahui batu apa yang cocok dengan konsep rumah anda. Dengan penjelasan di atas semoga anda dapat memilih batu alam yang cocok dengan kosep rumah anda. Semoga bermanfaat.

Setiap jenis batu alam diatas akan memiliki harga jual berbeda pada setiap penjual, dan biasanya ukuran batupun dapat dipesan sesuai kebutuhan. Selamat bekerja, semoga anda mendapatkan batu yang sesuai dengan keinginan anda.

Setiap batuan alam yang tersedia di Indonesia adalah batuan yang unik. Jadi jangan pernah berpikiran untuk mencari macam-macam batu alam lain di luar negeri. Karena selain harganya lebih mahal, batu yang diberikan kualitasnya tidak lebih baik dari batuan Indonesia. Untuk itu, pilihlah batuan alam Indonesia dan gunakan setiap produk-produk dalam negeri dibandingkan produk dari luar negeri. Salah satu rekomendasi terbaik kami adalah CV Sinergi Stone, pabrik batu alam Cirebon.

5/5 - (7 votes)

Tinggalkan komentar

Hubungi kami untuk informasi produk dan harga batu andesit terbaru.