Batu Alam Andesit: Pengertian, Jenis, Karakteristik, Kegunaan

Jenis batu alam andesit diklasifikasikan berdasar karakteristik, kegunaan, motif permukaan dan variasi finishing. Salah satu pusat persebaran batu andesit di Indonesia adalah Cirebon. Oleh karena itu, jenis batu andesit dari Cirebon ini dikenal dengan batu alam andesit Cirebon.

Bila anda tertarik untuk order batu alam andesit buat keperluan pagar, dinding, jalan, trotoar, taman, dll dalam jumlah besar, maka silakan hubungi CS Sinergi Stone. Untuk informasi produk dan harga terbaru, silakan hubungi CS Sinergi Stone sekarang.

Call 081222950965

Dalam artikel ini, Sinergi Stone akan membahas tentang berbagai jenis batu andesit. Yuk simak selengkapnya.

Pengertian Apa itu Batu Alam Andesit

Batu Andesit Alam Cirebon untuk Pagar Dinding Lantai Harga 2019

Batu alam andesit adalah nama batuan beku ekstrusif yang memiliki butiran kristal halus (fine-grained) yang umumnya berwarna abu-abu terang hingga gelap. Definisi/pengertian batu andesit ini disampaikan oleh Hobart M. King di situs geology.com.

Komposisi atau kandungan mineral terbanyak dalam batu andesit adalah mineral plagioclase feldspar. Beberapa komponen minornya adalah biotit, piroksen dan amfibol. Batuan andesit tidak memiliki kandungan pasir kuarsa atau olivin.

Karakteristik Batu Andesit

Butiran mineral halus

Berdasarkan deskripsi pengertian di atas, maka salah satu karakteristik batu andesit adalah tersusun atas mineral dengan butiran kristal halus (berukuran kecil). Terbentuknya butiran mineral halus ini terjadi karena proses pembentukan batu dari lava yang mengalir di permukaan bumi berlangsung cepat.

Ukuran butir-butir mineral yang kecil tersebut tidak dapat dilihat kasat mata. Perlu bantuan alat pembesar seperti mikroskop untuk melihatnya. Dari beberapa contoh batuan yang diteliti diketahui bahwa karena saking cepatnya proses pendinginan lava maka batuan tersebut mengandung kaca (glass) dalam jumlah yang signifikan banyak. Beberapa batuan lainnya yg terbentuk dari gas lava bermuatan (gas-charged lava) memiliki tekstur (texture) vesicular atau amygdaloidal.

Batuan beku ekstrusif

Andesit adalah batuan beku ekstrusif. Dikatakan ekstrusif karena proses pembentukan batu andesit terjadi di permukaan tanah. Ketika lava vulkanik (lahar) panas mengalir dan terkena udara maka, lava tersebut mengkristal (membatu). Jika lava membentuk batu di dalam tanah, maka batuannya disebut dengan batuan beku intrusif.

Batu diorit dan andesit

komposisi batu alam andesit

Perbedaan kedua jenis batu alam tersebut adalah ukuran butir-butir kristalnya. Butiran Kristal diorite berukuran lebih besar (kasar) dibandingkan dengan ukuran butir Kristal batu andesit. Batu diorit adalah batuan beku yang terbentuk saat magma tidak mengalami erupsi, tetapi magma tersebut mengkristal (membatu) secara perlahan di dalam tanah.

Komposisi batuan diorit dan andesit merupakan pertengahan antara basalt dan granit. Hal ini terjadi karena magma induknya terbentuk dari pencairan sebagian lempeng samudera basaltik. Melelehnya batuan granit turut berkontribusi pada pembentukan batuan tersebut.

Batu andesit porfiri

Umumnya, komponen dominan batu andesit adalah plagioclase, amfibol dan piroksen. Gabungan Kristal ketiga komponen tersebut dikenal dengan nama fenokris (phenocryst).

Kristal terbentuk saat magma mulai mendingin di kedalaman tanah dan suhu kristalisasi mulai tercapai di salah satu mineralnya. Tingginya suhu kristalisasi mulai membentuk batuan di bawah tanah dan menjadi terlihat saat magma mengalami erupsi.

Saat erupsi magma mencapai permukaan tanah, sebagian magma mengalami pengkristalan dengan sangat cepat. Proses ini menghasilkan batuan yang mengandung 2 ukuran Kristal, ukuran besar dan kecil. Ukuran Kristal batuan besar terbentuk saat kristalisasi lambat di bawah tanah (fenokris), sedangkan Kristal batuan yang lebih kecil terbentuk secara cepat di permukaan tanah (groundmass). Batuan yang tersusun dari 2 macam Kristal tersebut dinamakan andesit porfiri.

Kegunaan batu alam andesit untuk infrastruktur

Batu alam yang umumnya banyak digunakan untuk pondasi bangunan (rumah dan gedung), kini telah bergeser menjadi batuan dekoratif. Batu alam andesit pun banyak dimanfaatkan orang untuk mempercantik tampilan rumah. Oleh karena itu wajar jika batu andesit mudah ditemukan pada bagian dinding, lantai, pagar teras, trotoar, cartport dan jalan setapak taman.

Andesit bakar cirebon & majalengka Jawa Barat harga jual pabrik bisa anda dapatkan dari SInergi Stone. Jenis batu andesit bintik bakar atau andesit rata alam dan andesit hitam bisa anda gunakan untuk carport trotoar dinding dll.

Batu Alam Andesit: Pengertian, Jenis, Karakteristik, Kegunaan 1

Gambar batu andesit untuk aplikasi dinding pagar

Harga batu andesit polos rata mesin dengan tebal 1,3 cm

Ukuran Batu andesit (Panjang x lebar dalam cm) Harga (Rp)
10 x 10 60,000
10 x 20 60,000
15 x 30 75,000
20 x 40 80,000
30 x 30 85,000

Bila anda tertarik untuk order batu alam andesit buat keperluan pagar, dinding, jalan, trotoar, taman, dll dalam jumlah besar, maka silakan hubungi CS Sinergi Stone. Untuk informasi produk dan harga terbaru, silakan hubungi CS Sinergi Stone sekarang.

Call 081222950965

Tags: apa itu andesit, pengertian dan kelebihan batu alam

Telah diupdate pada oleh

Tinggalkan komentar

× Order? 087744454456