ciri-ciri batu andesit

Ciri-Ciri Batu Andesit untuk Lantai Carport & Garasi

Batu andesit merupakan batu yang digunakan untuk bahan bangunan. Awalnya batu andesit digunakan sebagai bahan pondasi. Namun, lama kelamaan karena terlihat indah dan mampu memunculkan kesan natural maka batu andesit digunakan untuk elemen yang memperindah suatu area atau bangunan. Untuk mengenali labih dalam, mari simak ciri-ciri batu andesit beserta dengan penjelasan lainnya.

Simak terus ya ulasan sinergi stone berikut.

Ciri-ciri Batu Andesit

ciri-ciri batu andesit
ciri-ciri batu andesit

Batu andesit merupakan batu yang berasal dari lelehan lava gunung berapi. Lava sendiri merupakan magma yang keluar dari dalam bumi.

Magma adalah baenda cair yang sangat panas. Awalnya batu jenis ini ditemui di sekiratan gunung Andes. Oleh sebab itu, penamaan batu pun tak jauh dari nama lokasi.

Batu akan membeku saat suhu lava berkisar antara 900 hingga 1.0000 C. Batuan beku jenis ini awalnya sangat besar, dengan perubahan cuaca maka mulai terpisah menjadi ukuran yang lebih kecil. Batu ini tergolong batuan beku luar karena membeku di permukaan tanah. Berikut adalah ciri-ciri batu andesit

Warna Batu Andesit

Warna ciri-ciri batu andesit yang khas adalah putih keabuan. Selain itu, ada butiran kecil pada batu yang membuat warnya tidak merata. Jika ditelusuri lebih dalam, warna batu andesit yang tersebar di alam adalah abu, baik abu terang maupun abu gelap.

Kandungan Batu Andesit

Sebagai batuan beku, ciri-ciri batu andesit batu andesit tersusun dari mineral yang sangat halus. Mineral yang menyusunnya dikenal dengan sebutan fine grained. Kandungan silica yang ada pada batu andesit lebih tinggi dibandingkan kandungan silica pada batu basal. Namun, kandungan silikanya lebih rendah dibandingkan kandungan yang ada pada batuan felsite dan riolit. Massa jenis batu andesit adalah 2,8 – 3 gram/cm3.

Pori-pori Batu Andesit

Pori-pori yang ada pada batu andesit umumnya padat. Oleh sebab itu, tingkat kekerasan pada batu andesit relatif tinggi. Bahkan, pada beberapa ciri-ciri batu andesit cenderung tidak memiliki pori-pori. Hal ini menyebabkan batu andesit tidak mudah berjamur ataupun berlumut meskipun terkena guyuran air hujan. Tak heran batu jenis ini kerap digunakan untuk mengisi elemen di luar ruangan. Bahkan, batu andesit juga mampu bertahan dengan baik pada cuaca ekstrim, baik cuaca hujan badai maupun panas terik.

Ketahanan Batu Andesit

Dengan pori-pori yang rapat, maka bisa dipastikan ketahanan dari batu andesit sangat tinggi. Ketahanan ini melingkupi berbagai hal, mulai dari cuaca maupun goresan. Batu andesit tidak mudah tergores oleh benda tahan. Ciri-ciri batu andesit juga sangat kuat terhadap pukulan.

Tekstur Batu Andesit

Tekstur pada batu andesit ada 2 macam sehingga jenisnya terbagi menjadi 2 yakni andesit polos dan andesit bintik. Berikut penjelasannya.

Andesit polos

Andesit polos memiliki permukaan dengan warna yang merata.

Andesit bintik

Batu andesit bintik terdapat bintik hitam seperti ada pecahan kaca. Bintik tersebut muncul karena proses alami dari pembentukan batu, yakni saat pembekuan vulkanik. Corak bintik hitam ini menjadi ciri-ciri batu andesit bintik bakar (flamed stone).

Batu andesit merupakan salah satu batu alam yang banyak digunakan di berbagai tempat. Tentu Anda kerap menemukan ciri-ciri batu andesit tersebut di berbagai area, mulai dari ruang publik maupun ruang privat. Bahkan, batu satu ini kerap dijadikan bahan utama untuk arca, kap lampu taman, meja batu, lumping hingga nisan.

Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya juga? Segera pilih batu andesit terbaik untuk memunculkan kesan alami yang terasa damai.

Telah diupdate pada oleh

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontak Kami