carport batu andesit dari sinergi stone

Carport & Garasi: Jenis Material Lantai & Tips Desain

Ulasan lengkap tentang jenis material lantai carport dan garasi yang terbaik serta tips desain carport batu andesit. Saat hendak membangun rumah, banyak area yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah carport. Jika Anda memiliki kendaraan, keberadaan carport begitu penting. Dengan adanya carport, mobil atau motor pun akan aman dari hujan dan panas. Selain itu, keamanannya juga lebih terjaga.

Itu sebabnya Anda perlu memikirkan dengan cermat desain carport di rumah Anda, mulai dari lantai carport, dinding penyangga, letak carport, hingga pertimbangan desain carport sesuai luas lahan yang dimiliki.

Sebelum Anda mengetahui mengenai desain hingga material lantai carport yang tepat, ada baiknya Anda mengetahui sejarah dari penggunaan carport. Bila anda memerlukan material lantai carport batu alam, silahkan hubungi Sinergi Stone.

Sejarah Carport sebagai Elemen Rumah

Dilansir dari archify.com, sejarah carport bermula dari sepasang suami istri bernama Herbert dan Katherine Jacobs. Pada tahun 1936, pasangan tersebut meminta bantuan untuk merancang rumah mereka kepada seorang arsitek ternama, Frank Lloyd Wright. Lewat tangan dinginnya, Wright membangun desain rumah dengan berbagai inovasi, mulai dari atap datar, pintu kaca, hingga lantai beton.

Di antara inovasi tersebut, arsitek ini membuat rancangan carport. Alasan yang melatarbelakanginya adalah menurut Wright, mobil bukanlah kuda. Kuda membutuhkan kandang tertutup, sedangkan mobil tidak harus begitu. Wright pun merancang sebuah garasi, tetapi tidak tertutup. Rancangan tersebut kini disebut carport. Sebuah desain yang menginspirasi hingga menjadi tren desain rumah masa kini.

Perbedaan Carport dan Garasi

Sumber: inspirasigriya.com

Jika Anda masih awam dengan desain rumah, wajar kalau Anda belum bisa membedakan antara garasi dan carport. Terlebih keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu tempat penyimpanan kendaraan. Untuk mengetahui perbedaan carport dan garasi, Anda bisa teruskan baca artikel ini hingga akhir.

Secara garis besar, perbedaan antara garasi dan carport ada pada keterbukaan ruangannya. Pada garasi rumah, areanya tertutup dengan 4 dinding beserta pintu. Sehingga kendaraan yang tersimpan tidak akan terlihat dari luar rumah.

Sedangkan carport berdesain semi terbuka dengan atau tanpa atap. Namun, umumnya carport masa kini menggunakan atap untuk melindungi kendaraan dari hujan ataupun panas. Berbeda dengan garasi, mobil atau motor yang Anda letakkan pada carport akan terlihat dari luar. Ini dikarenakan carport hanya memiliki dua dinding, yaitu di sisi kanan dan kiri. Bahkan tak jarang juga ditemukan carport tanpa dinding, hanya menggunakan tiang penyangga.

Desain Carport Rumah Minimalis

Sumber: medcom.id

Barangkali Anda bertanya-tanya, “Mengapa membangun carport? Kenapa tidak membuat garasi sehingga kendaraan lebih aman?”

Alasannya sederhana: keterbatasan lahan.

Bisa Anda bayangkan, ketika lahan yang dimiliki begitu terbatas, di mana Anda akan menyimpan kendaraan? Bisa jadi Anda memarkirkan mobil di luar rumah tepi jalan. Ini tentu beresiko. Kendaraan Anda akan terpapar hujan serta panas terus-menerus. Jika ini terjadi dalam waktu lama, fisik kendaraan lama-lama akan tergerus, semisal cat yang memudar atau mesin mobil yang bermasalah.

Selain itu, jika Anda memarkirkan mobil di luar rumah, keamanannya menjadi sangat rentan. Tanpa pengawasan dan perlindungan maksimal, kendaraan Anda rawan akan tangan-tangan yang tak bertanggung jawab.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, carport menjadi solusi. Di samping mengamankan kendaraan Anda lebih baik, desain carport pun bisa disesuaikan dengan tema rumah Anda. Pemilihan lantai carport ataupun talang airnya bisa dikreasikan sesuai selera.

4 Alasan Mengapa Anda Perlu Membangun Carport

Sumber: hariansederhana.com

Sudah yakin untuk menggunakan carport? Atau masih ragu? Anda tak perlu bimbang, 4 keutamaan carport ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda.

1. Cocok untuk Rumah dengan Lahan Kecil

Membangun rumah di lahan terbatas merupakan tantangan tersendiri. Dengan lahan yang tidak luas, Anda memiliki pilihan yang terbatas untuk desain rumah Anda. Namun, itu bukan berarti Anda tak bisa memaksimalkan fungsi dari rumah tercinta. Termasuk fungsi penyimpanan kendaraan. Carport menjadi jalan keluar terbaik untuk desain rumah di atas lahan kecil. Dengan menggunakan carport, mobil atau motor Anda akan menjadi lebih terlindungi. Kekuatan lantai carport pun tak menjadi soal, lantai carport minimalis memiliki banyak pilihan material yang kuat dan cantik.

2. Carport Meningkatkan Harga Jual Rumah

Sudah bukan rahasia lagi, rumah yang memiliki banyak ruang akan meningkatkan harga pasarannya. Rumah dengan halaman tentu lebih bernilai daripada rumah tanpa halaman. Begitu pula dengan rumah yang memiliki balkon atau kamar lebih banyak, tentu saja harganya akan lebih mahal daripada yang tidak.

Demikian pula dengan carport. Desain rumah dengan carport atau garasi akan memiliki harga jual yang lebih tinggi. Jika Anda berpikir untuk menjual atau mengontrakkan rumah suatu saat nanti, pembangunan carport bisa masuk ke dalam rancangan rumah Anda.

3. Menjadi Ruangan Alternatif

Suatu ketika Anda menjadi tuan rumah sebuah acara, dimana acara tersebut mengharuskan Anda menjamu tamu dalam jumlah besar. Tentu Anda membutuhkan ruangan yang lebih luas untuk menggelar acara. Anda pun mengatur ruang tamu hingga teras, tetapi kapasitas yang dibutuhkan masih belum cukup. Cemas pun melanda. Anda butuh ruangan lagi, tetapi rumah Anda memiliki area yang terbatas.

Nah, kabar baiknya Anda tidak perlu bingung. Jika rumah Anda memiliki carport, Anda dapat menggunakannya sebagai ruang tambahan. Anda bisa meletakkan mobil di luar terlebih dahulu, carport yang kosong pun bisa Anda bersihkan, lalu menatanya sebagai tempat makan, rapat, hingga bercengkrama bersama kerabat.

4. Panggung untuk Mobil Kesayangan Anda

Namanya manusia, terkadang ada hasrat untuk memamerkan apa yang kita miliki. Termasuk kendaraan pribadi. Itu hal yang wajar kok. Jika Anda ingin memperlihatkan mobil terbaik Anda, maka carport bisa menjadi panggung untuk memamerkan kendaraan kesayangan.

Dari sini Anda perlu memikirkan rancangan carport yang akan dibangun. Pemilihan desain carport yang tepat akan menonjolkan kecantikan mobil pribadi Anda, semisal penggunaan lantai carport andesit ataupun dinding berdesain batu alam. Baca ulasan kami tentang carport batu alam.

Tips Membangun Carport Rumah Kekinian

Sumber: casaindonesia.com

Setelah memantapkan hati untuk membangun carport, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memasang lantai carport hingga material dinding carport yang digunakan.

Berikut tips membangun carport yang bisa Anda cermati:

1. Sesuaikan Desain Carport dengan Rancangan Rumah

Saat membuat desain carport modern ataupun minimalis, Anda perlu memastikan keserasiannya dengan desain rumah secara keseluruhan. Pastikan desain carport dan rumah Anda tidak saling tumpang tindih. Semisal desain rumah Anda mengusung konsep modern, penggunaan kayu ukir tradisional pada carport malah tidak cocok.

Dengan memperhatikan desain rumah Anda, maka Anda dapat memilih desain lantai carport serta rancangan talang air yang sesuai.

2. Pastikan Luas Carport Cukup Memuat Kendaraan Anda

Keinginan memasang carport merupakan keputusan bijaksana. Namun, Anda juga perlu memperhatikan luas carport yang akan dibangun. Jangan sampai carport yang didirikan tidak cukup menampung kendaraan Anda.

Besar kendaraan, merk mobil, hingga jumlah mobil atau motor menjadi pertimbangan ketika membangun carport. Dengan begitu, Anda dapat menghitung luas carport dengan akurat. Termasuk kecocokan luas lantai carport yang akan dipasang.

Rekomendasi luas carport yang bisa Anda cermati adalah perlunya memberikan jarak antara mobil dan dinding carport. Jarak ini berguna untuk membuka pintu mobil. Anda tidak ingin, kan, ketika turun dari mobil tapi pintunya sulit dibuka, lantaran jarak mobil dan dinding carport yang terlalu sempit.

Macam Material Lantai Carport yang Tepat

Sesuai dengan fungsi carport sebagai tempat penyimpanan kendaraan, maka struktur lantai carport perlu menjadi fokus utama. Lantai carport murah harus dibangun dengan material yang berkualitas, lantaran material lantai carport akan menahan beban mobil sekian tahun lamanya.

Lantai Carport Plester Semen/Beton

Material batu alam hingga beton bisa menjadi rekomendasi lantai carport di rumah Anda. Lantai carport beton bisa diandalkan untuk menahan berat kendaraan. Selain itu, komposisi lantai carport plesteran semen/beton jauh lebih murah dibandingkan material lain. Itu mengapa pemilihan bahan baku ini menjadi favorit bagi Anda yang mencari lantai carport murah.

Lantai Carport Batu Alam Andesit

carport batu andesit dari sinergi stone

Dari berbagai pilihan lantai carport minimalis maupun modern, lantai carport batu andesit bisa menjadi rekomendasi. Batu andesit terkenal akan kekuatannya. Pemilihan material lantai carport andesit pun menjadi pilihan yang tepat. Batu andesit sudah teruji menahan bobot kendaraan, Sehingga Anda pun tak perlu khawatir lantai carport andesit akan rusak.

Lantai carport merupakan area yang rawan terkena tempias hujan, ban mobil pun rentan tergelincir. Itu sebabnya batu andesit menjadi salah satu rekomendasi lantai carport terbaik. Disebabkan tekstur batu andesit tidak licin jika terkena air.

Di samping berbagai keunggulannya tersebut, batu andesit juga turut memperindah desain rumah Anda. Rumah bergaya minimalis, kontemporer maupun modern akan sangat cocok dengan desain lantai carport batu andesit. Dengan begini, rancangan lantai carport dan desain rumah Anda tidak saling bertabrakan.

Lantai Carport Keramik

Di antara pilihan material lantai carport, keramik juga menjadi salah satu yang sering digunakan. Pemasangan keramik pada lantai carport memiliki desain yang beraneka rupa. Lantai carport rumah Anda pun menjadi semakin cantik.

Salah satu jenis lantai carport keramik yang umum dipasang adalah model keramik carport sikat. Permukaan lantai carport yang kasar membuatnya anti selip terhadap ban kendaraan Anda. Kekuatannya juga teruji, membuatnya kokoh dan awet menampung berat dari kendaraan yang disimpan di dalam carport.

Ketika sudah sampai di ujung artikel ini, saya rasa Anda semakin jelas mengetahui carport beserta fungsinya. Kembali kami ingatkan, desain carport tak bisa dibangun asal-asalan. Ini agar fungsinya bisa bekerja dengan baik. Selain itu, pemilihan desain carport yang cocok akan meningkatkan kecantikan rumah Anda.

Jadi, sudah menentukan rancangan carport yang diinginkan?

Daftar Pustaka

  • Agnes. (2018, August 9) Mau buat carport? Inilah 4 material Terbaik untuk Lantai carport – Semua Halaman – idea. iDEA Online. https://idea.grid.id/read/09911006/mau-buat-carport-inilah-4-material-terbaik-untuk-lantai-carport?page=all
  • Archifynow (2019, July 29). Berikut 6 Alasan carport Sangat Cocok untuk Rumah Anda. https://www.archify.com/id/archifynow/masih-ragu-membangun-carport-berikut-6-alasan-carport-sangat-cocok-untuk-rumah-anda
  • Dekoruma, K. (2019, November 11). 6 model Keramik carport ini Cocok Banget untuk Rumahmu. Article. https://www.dekoruma.com/artikel/93257/model-keramik-carport
  • developer, M. (2017, November 28). Ini Bedanya carport dengan Garasi. medcom.id. https://www.medcom.id/properti/tips-properti/ObzvMaeb-ini-bedanya-carport-dengan-garasi
  • Yasmin Shafiyyah – Homify. (2018, September 3). 6 HAL Penting dalam proses Pembangunan carport Minimalis. homify.co.id. https://www.homify.co.id/ideabooks/5856675/6-hal-penting-dalam-proses-pembangunan-carport-minimalis

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *