rumah batu alam

Rumah Batu Alam Minimalis dan Material Pagar Terbaik

Rumah batu alam yang minimalis, sederhana dan modern kian diminati. Makanya tak heran, bila rancangan rumah batu alam menjadi salah satu tren yang banyak dibicarakan orang saat ini. Hunian sederhana namun terkesan mewah bisa dimunculkan dengan fasad batu alam sebagai material bangunannya.

Bagi sebagian orang, desain rumah merupakan hal yang cukup penting dalam membangun sebuah tempat tinggal. Semakin berkembangnya teknologi dan perkembangan jaman yang terus maju membuat orang semakin mengembangkan pola pikirnya.

Desain Rumah Batu Alam Minimalis

Keinginan untuk memiliki sebuah rumah yang minimalis namun naman dan tidak membutuhkan budget yang besar menjadi impian banyak orang. Desain minimalis yang sedang tren saat ini yaitu rumah batu alam. Rumah ini akan terkesan berbeda dengan rumah-rumah lainnya.

Pemasangan batu alam akan memberikan kesan mewah namum alami. Sebagian besar orang menggunakan batu alam sebagai dekorasi pada dinding, maupun pagar rumah. Keramik maupun pagar batu alam yang digunakan memiliki pola ataupun model yang beranekaragam. 

Fungsi dibuatnya pagar rumah selain untuk melindungi rumah dari bahaya, pagar rumah juga akan memberikan kesan estetik apabila menggunakan batu alam. Akan lebih aestetik dan unik lagi jika dipadukan dengan besi.

Jenis Batu Alam dalam Desain Rumah Minimalis

pagar batu alam
pagar batu alam

Salah satu menyiasati bangunan rumah biar nampak alami adalah melakukan coating pada batu alam setelah pemasangan.

Dibawah ini beberapa keramik batu alam yang dapat digunakan sebagai material untuk rumah dari batu alam yang minimalis:

Batu alam andesit

Batu alam andesit yang tahan terhadap cuaca dan memiliki pori kecil menjadikan jenis batu ini cocok digunakan untuk dekorasi pagar rumah. Jenis batu alam ini cocok digunakan pada rumah dengan konsep minimalis.

Motif dan corak batuan yang biasanya tersedia pada penjual batu andesit ini yaitu corak alur, sirih bintik, sirih cakar dan abstrak. Karakteristik yang kuat dan tahan terhadap cuaca membuat batu ini banyak diminati untuk dijadikan pagar. Pada dasarnya, pagar dibuat untuk melindungi rumah dari berbagai gangguan dari luar.

Batu alam granit

Penggunaan keramik granit ini memberikan kesan estetik yang memanjakan mata. Motif batu alam granit yang bermacam-macam memudahkan untuk memilih yang sesuai dengan konsep rumah. Beberapa motif batu alam granit yaitu, motif modern, hitam putih, dan motif abstrak. Motif condong kearah warna gelap sangat cocok dijadikan sebagai bahan untuk mendekorasi pagar keramik rumah. Kesan kuat dan kokoh akan terlihat pada rumah anda apabila menggunakan batu granit sebagai material keramik batu alam.

Batu alam marmer

Batu alam marmer merupakan batu alam yang sangat sering digunakan untuk menghiasi sebuah rumah dengan konsep minimalis namun terkesan elegan. Meskipun dibandrol dengan harga yang tergolong mahal, namun keindahan batu ini membuat orang tidak sungkan untuk mengeluarkan budget yang cukup besar. Kesan minimalis akan dirasakan apabila batu ini dipasang pada interior rumah.

Pilihan Material Pagar dalam Desain Rumah Batu Alam

rumah batu alam
rumah batu alam

Selain keramik, batu alam juga dapat digunakan untuk mendekorasi pagar rumah, berikut ini beberapa desain batu alam yang digunakan untuk mendekorasi pagar rumah minimalis

Pagar dari batu sabak

Batu sabak memiliki karakteristik yang hamper serupa dengan batu andesit. Susunannya yang berlapis-lapis membuat batu ini disebut batu lempeng. Susunan batu membuat batu ini cocok dijadikan untuk pagar rumah berkonsep minimalis.  Lempengan dari batu ini akan terlihat lebih menarik apabila telah ditumpuk menjadi dekorasi sebuah pagar.

Pagar dari batu andesit

Batu andesit selain dapat digunakan untuk dinding interior juga dapat digunakan sebagai bahan untuk pagar. Jenis batu alam andesit yang digunakan untuk pagar yaitu polos dan corak bintik hitam. Batu alam andesit akan terlihat lebih klasik apabila dipadukan dengan besi untuk menghias pagar rumah. Batu andesit ini terkenal dengan warna khas gelap yang menjadikan batu ini lebih terlihat elegan namun bisa digunakan untuk menyempurnakan rumah dengan konsep minimalis.

Pagar batu alam dan kayu

Di era sekarang semakin berkembangnya inovasi mengakibatkan terciptanya ide-ide yang cukup mengagumkan. Seperti halnya mamadukan batu alam dengan kayu untuk menjadikan pagar rumah terlihat minimalis namun elegan. Pagar dengan bahan batu alam dan kayu merupakan perpaduan konsep modern dengan konsep tradisonal. Perpaduan ini dapat digunakan bagi anda yang ingin memilik rimah dengan konsep minimalis namun tidak ingin mengeluarkan biaya yang begitu besar.

Pagar dari batu palimanan

Batu palimanan merupakan salah sat batu yang dapat digunakan untuk menghias pagar rumah dengan konsep minimalis. Batu palimanan dapat disusun dan dipadukan dengan besi maupun hanya batu palimanan saja. Batu ini merupakan jenis batu yang memiliki karakteristik yang cukup kuat sehingga dapat memberikan kesan kokoh pada pagar rumah yang menggunakan batu ini sebagai salah satu material untuk mendeskorasi pagar rumah dengan konsep minimalis. Batu alam palimanan RTA disarankan untuk digunakan pada hasil akhir agar terkesan lebih alami.

Pagar dari batu candi

Mendengar istilah candi hal yang pertama terlintas adalah sebuah bangunan candi. Namun untuk kakli ini yang dimaksud disini adalah batu alam candi yang dapat digunakan sebagai material bangunan. Karakter kuat dank eras sekaligus warna yang cenderung gelap memberikan kesan alami dan nuansa sejuk sehingga batu ini cocok digunakan untuk membuat pagar batu alam rumah anda. Selain itu harga batu ini cukup terjangkau, hanya saja batu ini memerlukan perawatan yan intensif demi menjaga ketahanan batu.

Pagar batu alam templek

pagar batu alam templek

Pagar batu alam templek dibuat dari jenis batu alam dinding yang ditempelkan seperti keramik. Istilah templek berasal dari bahasa Jawa yang bermakna tempel.

Jenis batu alam templek memang populer dijadikan sebagai model dinding rumah minimalis di bagian teras dan pagar. Selain itu, harga batu alam jenis ini juga terbilang murah. Bentuknya tipis seperti lempengan dan biasanya merupakan jenis batu andesit rata alam. Lihat gambar batu alam templek di bawah ini.

batu alam templek untuk dinding

Jenis batu alam templek umumnya dikenal dengan sebutan sesuai daerah asal produksinya. Misalnya batu templek Garut, batu templek Salagedang, batu templek Purwakarta dan masih banyak lainnya.

Motif pemasangan batu alam dilakukan secara acak. Dengan cara ini bisa membuat tampilan rumah batu alam semakin alami dan disukai orang. Batu alam templek sering diaplikasi orang untuk dijadikan dinding dan pagar rumah.

Tekstur alami yang dimilik batu ini sangat cocok untuk dipasang pada pagar rumah. Motif batu alam ini tidak beraturan di satu sisi. Lihat cara pasang batu alam templek di video berikut ini

Pagar dari batu kali

Batu kali bias digunakan untuk finishing kolam, dinding eksterior, taman dan juga pagar. Warna batu ini yang tersedia untuk finishing yaitu hitam, abu ungu dan cokelat. Warna hitam dan abu lebih dominan dan cocok digunakan untuk finishing pada pagar rumah batu alam. Batu ini memerlukan perawatan khusus seperti permbersihan dari lumut dengan cara di gososk dan di siram dengan air. Penggunaan batu ini dapat menghemat biaya karena tidak tergolong batu yang dijual dengan harga mahal.

Pagar dari Batu paras yogya

Sesuai dengan namanya batu ini berasal dan banyak diproduksi di daerah Yogyakarta. Selain untuk finishing desain interior sebuah rumah, batu ini juga dapat digunakan untuk finishing pagar rumah berkonsep minimalis. Karakteristik yang seperti kapur membuat batu ini harus dirawat dengan intensif karena batu ini memiliki tekstur berpori yang mampu dengan mudah menyerap air. Perawatan yang dapat dilakukan yaitu menggosoknya dan menyiram dengan menggunakan air.

Hal penting untuk membuat rumah batu alam anda terkesan minimalis yaitu mengetahui batu apa yang cocok dengan konsep rumah anda. Dengan penjelasan di atas semoga anda dapat memilih batu alam yang cocok dengan kosep rumah anda. Semoga bermanfaat.

Tags: batu alam tembok, pagar batu alam 2020

Telah diupdate pada oleh

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *