manfaat tanaman indoor

10 Manfaat Tanaman Indoor Terbaik

Penggunaan batu alam andesit pada dinding dapat memunculkan kesan alami pada rumah. Untuk menambahkan fasad alam, anda dapat menempatkan tanaman indoor dalam ruangan/kamar. Apapun jenis tanaman yang anda gunakan, baik itu tinggi besar ataupun ukuran mini pastikan sesuai dengan budget anda.

Tahukah Anda bahwa selain untuk estetika, ada alasan lain yang lebih penting mengapa perlu meletakkan tanaman di dalam rumah?

Untuk itu, mari kita simak penjelasan Sinergi Stone tentang 10 manfaat tanaman indoor bagi rumah kita yang berikut ini.

Jenis Tanaman Indoor Terbaik

jenis tanaman indoor terbaik

Seringkali kita ragu-ragu untuk menambahkan tanaman ke dalam interior rumah. Tak lain karena tanaman indoor akan membutuhkan perawatan khusus. Selain itu, terkadang sebagian orang merasa kebingungan saat memilih tanaman indoor yang cocok untuk interior rumahnya karena begitu banyaknya jenis tanaman indoor.

Tips sederhana memilih jenis tanaman indoor adalah sesuaikan dengan dekorasi rumah anda dan sesuai dengan budget anda. Ukurannya jangan terlalu besar atau terlalu mini. Jenis  tanaman pengusir nyamuk, seperti lavender, bisa anda pilih saat menginginkan ruangan bebas serangga.

Bisa kita aplikasikan ketika renovasi rumah minimalis juga lho.. Tinggal kecermatan kita saja untuk penempatan yang pas untuk menerapkan konsep taman indoor.

10 Manfaat Tanaman Indoor Bagi Rumah Kita

Udara jadi segar karena oksigen melimpah

manfaat tanaman indoor

Kita semua tahu bahwa manusia membutuhkan oksigen untuk bernafas serta melepaskan karbon dioksida ke udara dalam proses tersebut. Ketika tanaman melakukan fotosintesis, mereka menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen.

Oleh karena itu, tanaman dan manusia akan saling membutuhkan dalam hal ini. Ini berarti bahwa ada peningkatan kadar oksigen di rumah Anda ketika ada tanaman di dalamnya. Hanya saja saat malam tiba, tanaman akan melepaskan karbon dioksida dan menyerap oksigen itulah mengapa sebagian orang akan menempatkan tanaman di luar rumah ketika malam hari tiba.

Tapi ada tanaman yang masih melepaskan oksigen pada malam hari seperti anggrek, succulents dan bromelia epifit. Tempatkan tanaman tersebut di kamar tidur dan Anda akan merasa segar saat tidur.

Kini, anda sudah tahu bahwa tanaman indoor bermanfaat sebagai penghasil oksigen

Menetralisir racun dan polutan

tanaman indoor pembersih udara

Di era modern seperti saat ini, tanpa kita sadari banyak sekali polutan yang mencemari udara dalam rumah yang mungkin berbahaya bagi kesehatan kita. Dengan menambahkan tanaman ke dalam rumah akan membantu mengurangi gas berbahaya menyebar keseluruh ruangan rumah.

NASA mengatakan bahwa tanaman hias dapat menghilangkan 87% racun dari udara. Ini termasuk gas seperti formalin dari dalam asap rokok, karpet, tas belanja, dan vinil. Serta gas Benzena dan trichloroethylene yang ditemukan dalam serat buatan, pelarut, wastafel, dan cat. Tanaman akan menyerap gas-gas beracun dan menarik polutan tersebut ke dalam tanah. Jadi jelas ya, tanaman indoor dapat berfungsi sebagai pembersih udara.

Mengurangi stres

Sebagian besar dari kita akan merasa lebih mudah untuk mengatasi stres ketika berada disekitar lingkungan alam yang asri. Sebenarnya Anda pun dapat menciptakan lingkungan alam yang asri di dalam rumah dengan cara menambahkan tanaman ke dalamnya. Tanaman tersebut dapat membuat kita merasa nyaman dan bahkan akan mempengaruhi kita untuk merasa positif.

Bayangkan sebuah ruangan tanpa tanaman dan ruangan dengan tanaman hijau di dalamnya, Anda pasti dapat membandingkan perbedaan atmosfer atau suasana ruang yang mencolok di dalamnya. Lihat juga desain rumah batu alam untuk menambah wawasan anda tentang arsitektur kekinian yang natural.

Kondisi kesehatan jadi lebih baik

merawat tanaman indoor

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman dapat menenangkan detak jantung dan tekanan darah. Tanaman juga dapat mengurangi ketegangan otot yang berhubungan dengan stres. Selain itu tanaman juga bisa menurunkan sakit kepala, kelelahan, sakit tenggorokan, pilek, batuk, dan gejala seperti flu. Ini jelas memiliki dampak yang besar untuk meningkatkan kesehatan kita!

Menjaga kelembaban udara

Tanaman melepaskan uap air sebagai bagian dari proses fotosintesis serta proses pernapasannya, sehingga dapat menjaga kelembaban udara dalam ruang rumah Anda. Karena pada dasarnya tanaman akan melepas sekitar 97 persen air dari yang mereka serap. Maka dari itu jangan sampai ruangan rumah Anda menjadi terlalu lembah akibat terlalu banyak tanaman di dalamnya mengingat iklim di Indonesia yang tergolong tropis lembab.

Mempertajam fokus dan kreativitas

Studi menunjukkan bahwa ketika tanaman ditempatkan dalam ruangan, baik itu diletakkan di dalam sebuah kantor, ruang kelas atau di ruang kerja, setelah dilakukan pengamatan ternyata ada peningkatan dalam hal produktivitas sebagai akibat dari mampu untuk fokus pada pekerjaan. Selain itu, orang juga cenderung lebih kreatif dengan adanya tanaman hijau.

Mengurangi kebisingan

macam macam tanaman indoor

Salah satu manfaat yang kurang familiar dari tanaman adalah bahwa tanaman mampu mengurangi polusi suara. Ini pada dasarnya terjadi karena pada batang, daun, cabang, kayu, dan bagian lain tanaman dapat menyerap suara. Walaupun hal ini biasanya hanya diterapkan pada eksterior rumah, namun bukan berarti tidak bisa diterapkan pada interior rumah Anda.

Meningkatkan mood

Sebuah rumah dengan tanaman didalamnya akan cenderung membuat penghuninya lebih bahagia dengan lebih sedikit stres dan kelelahan. Nah, kita bisa tahu dari manfaat yang telah disebutkan pada poin 3 di atas bahwa dengan lingkungan alam yang asri, dapat membuat orang merasa tenang, senang dan ceria.

Cukup dengan meletakkan tanaman hijau dalam ruangan rumah sudah dapat meningkatkan mood Anda kearah yang lebih baik.

Menciptakan sendiri sebuah ruangan tanpa tenaga ahli memang bisa dikatakan cukup sulit. Kami merekomendasikan renovrumah.my.id sebagai jasa renovasi rumah yang bisa Anda ajak diskusi.

Melembutkan tampilan

tanaman indoor mini

Ketika kita berbicara tentang ruang interior, menambahkan tanaman membuat kontras dengan permukaan keras. Itu sebabnya desainer interior akan menempatkan tanaman di dekat dinding batu bata atau sudut tajam. Sehingga membuat daerah tersebut terlihat lebih lembut dan berdampak pada ruangan secara keseluruhan yang terasa lebih tenang, nyaman dan asri.

Menambah estetika

Ya, kita semua akan setuju dengan hal ini karena kita dapat melihat dengan jelas bagaimana tanaman dapat meningkatkan daya tarik interior rumah. Dan tetaplah kreatif dalam memilih tanaman baik dari segi ukuran, warna, bau serta tampilannya secara keseluruhan sehingga mampu meningkatkan nilai estetis interior rumah Anda. Perhatikan pula skala ruang rumah Anda sehingga tanaman indoor yang dipilih benar-benar tepat.

Sudah punya tanaman indoor di kamar rumah anda? Berbagilah pengalaman anda dengan pembaca kami lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *