Menunda Pemesanan Batu Alam Sama Saja Menantang Alam

Menunda itu tidak baik, termasuk dalam hal menunda pemesanan batu alam di suatu proyek. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan masalah yang muncul akibat penundaan order dan memberikan solusi yang terbaik.

Batu Alam jadi Primadona dalam Proyek

Saat sebuah proyek memutuskan untuk menggunakan produk alam (dalam hal ini batu alam), maka seharusnya pelaksana proyek tentunya sudah menimbang segala hal yang berkaitan dengan produk alam tersebut. Terutama, terkait dengan ketersediaan dan spesifikasi barang seperti ukuran, jumlah dan jenisnya.

Produk alam seperti jenis batu alam andesit kini telah menjadi primadona (sebagai produk utama) untuk proyek fasilitas umum. Aplikasi dan pemasangannya beragam. Misalnya saja pengganti paving block di area trotoar, taman kota, alun-alun, halaman parkir gedung perkantoran dan tempat ibadah serta cagar budaya.

Kerjasama dengan Produsen Batu Alam

Hal penting yang perlu diketahui tentang batu andesit adalah produsen batu andesit. Pastikan pabrik batu alam partner proyek anda memiliki supply besar, harga yang kompetitif dan variasi ukuran yang lengkap.

Kami sarankan supaya anda jangan menunda pemesanan batu alam andesit untuk proyek anda. Banyak vendor lain yang juga terkadang orderannya sudah masuk waiting list. Lihat beragam jenis batu andesit di berikut ini.

Jangan lupa subscribe di channel Youtube Sinergi Stone.

Pusat penambangan batu alam terbesar di Jawa Barat adalah terkonsentrasi di wilayah kabupaten Cirebon dan Kabupaten Majalengka. Perlu anda ketahui bahwa produksi batu andesit itu sangat tergantung pada cuaca alam. Oleh karena itu, demi keberlangsungan proyek, baik swasta maupun pemerintah, maka anda perlu memperhitungan dengan cermat jumlah kebutuhan dan waktu penyediaan andesit saat proyek anda membutuhkan produk batu alam andesit tersebut.

Situasi dan Kondisi Penambangan Batu Alam

Cuaca alam yang buruk akan menyulitkan proses penambangan (galian) batu andesit. Medan tambang yang ekstrim dan berlumpur membuat excavator bekerja ekstra. Hal ini dapat meningkatkan resiko kerusakan alat penambang yang cukup tinggi.

Dampak dari terhambatnya proses penambangan adalah produksi batu alam andesit dari semua pabrik batu andesit di Cirebon dan Majalengka menurun drastis (drop). Bahkan, kemampuan supply pabrik turun hingga di angka 50% saja bila dibandingkan dengan kondisi normal saat musim kering (panas). Kondisi seperti ini menyebabkan pasokan batu alam andesit menjadi terkendala dan langka di pasaran di awal tahun 2021.

Disamping kendala menurunnya kinerja alat berat, curah hujan yang ekstreme juga bisa meningkatkan terjadinya resiko bencana alam seperti longsor dan banjir, serta rusaknya beberapa infrastruktur utama seperti jalan utama yang amblas, jembatan antar wilayah yang ambruk. Kondisi ini tentu saja dapat mengakibatkan putusnya supply batu andesit jenis tertentu ke pabrik baik bahan baku andesit utama atau pun bahan baku sekunder sampai batas waktu yang tidak bisa di tentukan. Karenanya tidak heran jenis andesit tertentu menghilang begitu saja di waktu tertentu, hal ini juga penting menjadi perhatian user/owner/buyer dan konsultan bahwa ketika menentukan spek batu andesit jenis tertentu untuk suatu proyek harus mengacu pada kondisi terkini (teraktual) bukan memaksakan spek yg telah ditentukan jauh-jauh hari sebelumnya.

Sebagai manusia yang dibekali akal, kita dapat mengantisipasi situasi ini dengan memantau kondisi cuaca. Anda pun dapat dengan mudahmengakses website resmi BMKG melalui internet di hape anda. Ramalan cuaca terbaru di wilayah Jawa Barat pun dalam genggaman.

Masa-masa Proyek Berjalan setiap Tahun

Sudah lazim diketahui khalayak bahwa masa proyek pemerintah itu biasanya dimulai dari bulan Juli hingga Desember. Masa proyek ini biasa berulang setiap tahunya. Masa proyek bisa berubah jika ada situasi yang sangat fundamental seperti saat ini yaitu pandemi global COVID-19.

Khususnya pada tahun 2020, terjadi fenomena keterlambatan pasokan batu alam andesit di banyak proyek. Kondisinya lebih buruk bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Fenomena ini disebabkan oleh kapasitas produksi batu alam yang menurun karena:

  • cuaca ekstreme (curah huja tinggi)
  • jadwal proyek pemerintah yang bersamaan di seluruh Nusantara

Kondisi ini membuat kapasitas supply batu andesit menjadi terbagi-bagi dan menyebabkan keterlambatan pasokan batu andesit ke proyek.

Jangan Menunda Pemesanan Batu Alam

menunda pemesanan batu alam apakah keputusan bijak?

Dari situasi dan kondisi seperti ini, pelaksana proyek swasta dapat mengatur ulang pemesanan batu alam andesit. Kami merekomendasikan anda untuk memesan andesit jauh-jauh hari. Hindari order batu andesit di bulan-bulan saat proyek pemerintah sedang berjalan (Juli-Desember). Kentungan buat anda adalah anda akan mendapatkan supply batu alam yang lancar dengan harga lebih kompetitif.

Kesimpulan

Terkait produk batu alam, sebaiknya anda jangan menunda pemesanan batu andesit karena itu sama saja dengan MENANTANG ALAM.

Lakukan stok batu alam diawal bila perlu. Hal ini akan memudahkan pelaksanaan proyek sehingga berjalan tepat waktu dan sesuai target. Jika anda merasa memiliki kendala terkait tempat dan lokasi di proyek, maka anda dapat menitipkan stok batu alam tersebut di gudang pabrik batu alam yang anda percaya.

Biasanya nominal pembayaran di awal adalah sejumlah stok batu andesit yang anda titipkan. Untuk memonitor berkala situasi gudang penyimpanan dari jarak jauh maka anda dapat menggunakan teknologi seperti CCTV, video call, dsb.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua. Pihak-pihak yang terkait dengan proyek batu andesit pun dapat mengambil langkah strategis (siasat) mulai dari pabrik andesit, penambang, toko batu alam, proyek swasta, proyek pemerintah dan proyek BUMN.

SOLUSI dan langkah ANTISIPASI adalah langkah tepat dalam menjalankan bisnis. Bukan menyalahkan situasi dan kondisi.

Cirebon , 20 Januari 2021
Slamet Hidayatuloh,S.Pi
Direktur CV.Sinergi Stone

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *