jual batu andesit dinding harga murah

Batu Andesit Dinding: Jenis, Ukuran & Harga Jual

Batu andesit dinding bisa jadi pilihan material terbaik untuk rumah bernuansa alam. Ada beragam pola batu alam untuk dinding di pasaran dengan jenis ukuran dan harga jual yang bervariasi. Misalnya saja batu andesit susun sirih, batu andesit honed, atau batu andesit polished.

Yuk simak ulasan produsen batu andesit, Sinergi Stone, berikut ini.

Jenis Material untuk Dinding Rumah

jual batu andesit dinding harga murah

Dinding merupakan bagian penting dari sebuah rumah, yakni sebagai penyangga atap hingga pembatas ruangan.

Ada banyak pilihan material untuk membuat dinding. Anda bisa menggunakan semen, kayu atau keramik untuk material dinding rumah Anda. Di antara beranekaragam material dinding, penggunaan batu alam merupakan salah satu material yang kami rekomendasikan.

Harga batu alam memang lebih mahal. Namun, Anda dapat mempertimbangkannya lantaran batu alam dinding memberikan beberapa keunggulan. Melalui penggunaan batu alam pada dinding rumah, Anda bisa mendapatkan material yang berkualitas sekaligus indah dipandang mata.

Ada berbagai jenis batu alam yang bisa Anda gunakan. Dari sekian banyak pilihan, batu andesit dinding menjadi rekomendasi terbaik untuk rumah Anda.

Karakteristik Andesit

proses pembentukan dan ciri-ciri batu andesit

Sumber: unsplash.com

Sungguh beruntung tinggal di Indonesia. Indonesia terlalu sempurna untuk sebuah negeri. Cuacanya enak dan tanahnya subur. Kata orang, saking suburnya tanah di negeri kita, bibit apapun yang dilempar di sini maka akan tumbuh.

Selain itu, Indonesia memiliki sumber daya batu alam yang melimpah ruah. Salah satunya adalah batu alam andesit. Batuan beku yang berasal dari letusan gunung berapi ini memiliki ciri-ciri:

  • berwarna abu-abu, terkadang ditemukan berwarna coklat kemerahan
  • permukaannya berbintik kecil, ini disebabkan oleh cepatnya kristalisasi magma karena perubahan suhu yang drastis.

Pori-pori batu alam andesit terbilang rapat. Ini yang membuatnya tak mudah menyerap air, salah satu sebab mengapa batu andesit menjadi andalan untuk membangun rumah. Permukaannya tak mudah merembes ataupun berlumut. 

Penggunaan Batu Andesit untuk Dinding Rumah

batu alam andesit susun sirih

Batu alam andesit cocok untuk diaplikasikan ke berbagai gaya desain rumah. Rumah bergaya minimalis, bisa. Desain industrial, cocok. Atau juga gaya kontemporer, tentu bisa. 

Jika melihat desain rumah di Pinterest, Instagram, YouTube ataupun secara langsung di lingkungan sekitar, penggunaan batu andesit bisa dipasang untuk keperluan apa pun. Anda dapat memanfaatkan batu alam andesit pada lantai, pilar ataupun jalan setapak di halaman rumah. Termasuk salah satu sudut rumah yang sering menggunakan andesit adalah dinding.

Kelebihan Batu Alam Andesit untuk Dinding Rumah

harga jual batu alam andesit susun sirih

Sumber: https://inside-stone.blogspot.com

Bukan tanpa sebab batu andesit menjadi komponen favorit penyusun dinding. Anda dapat menemukan tiga kelebihan yang dimiliki batu andesit dinding. Apa saja itu? Boleh teruskan baca ya.

Batu Andesit adalah Material Penopang yang Kuat

Selain tempat untuk menggantung lukisan ataupun foto keluarga, dinding rumah merupakan aspek terpenting dalam pondasi. Fungsinya sebagai penopang langit-langit dan atap tak bisa dianggap remeh. Itu sebabnya Anda membutuhkan material batu alam yang kokoh dan tak mudah keropos ataupun ambruk. Di antara jenis batu alam untuk dinding rumah, batu andesit hadir sebagai rekomendasi yang patut digunakan.

Untuk mengetahui seberapa kuat material dari batu alam andesit, Anda dapat melihat sejarah peradaban masa lalu. Sudah menjadi pengetahuan umum, orang-orang di masa megalitikum acapkali menggunakan batu alam andesit untuk berbagai keperluan.

Semisal arca. Berdasarkan informasi yang disadur dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, batu alam andesit merupakan temuan bahan batu yang paling sering digunakan di Jawa Tengah. Berdasarkan sejarah yang ditemukan, komponen arca disusun oleh material batu andesit.

Begitu pula dengan candi. Tahu Candi Borobudur? Nah, salah satu keajaiban dunia ini menggunakan andesit sebagai batu penyusunnya. Jika Anda mengunjungi Candi Borobudur, maka Anda dapat melihat secara langsung material batu andesit yang digunakan.

Orang-orang zaman dahulu menggunakan batu andesit bukan tanpa alasan. Sebab utamanya ada pada tingkat keras dan kokoh yang dimiliki andesit. Ini yang membuat peninggalan sejarah begitu abadi sampai sekarang.

Itu alasannya mengapa Anda tak perlu ragu menggunakan andesit sebagai komponen dinding. Jika Candi Borobudur saja bisa sekuat itu, apalagi dinding rumah Anda, kan?

Batu Andesit Aman dari Hujan ataupun Panas

Dinding rumah merupakan bagian yang rentan akan cuaca dan suhu. Terlebih dinding yang menghadap keluar rumah. Jika sampai salah memilih material pembangun, dinding rumah Anda akan mudah merembes terkena air, berlumut lantaran sering basah, atau juga keropos karena dihantam hujan atau panas bergantian. Anda tentu tidak mau itu terjadi, kan?

Namun, Anda tak perlu khawatir. Untuk mencegah dinding kenapa-kenapa, Anda dapat menggunakan material batu alam. Dinding yang menggunakan batu alam lebih berkualitas dibandingkan material lain. Lebih mahal memang, tetapi sepadan dengan kualitas dan kecantikan yang dimiliki batu alam.

Di antara rekomendasi batu alam yang ada, batu andesit bisa menjadi pilihan tepat. Selain karakteristiknya yang kokoh, jenis batu andesit juga tak mudah menyerap air. Anda pun tak perlu cemas dinding rumah Anda menjadi rusak.

Batu Alam Menjaga Temperatur Ruangan agar Tidak Gerah dan Pengap

Pernah berada di suatu rumah, tetapi terasa pengap? Bisa jadi sirkulasi udaranya kurang lancar, tetapi bisa juga disebabkan faktor lain, salah satunya adalah material dinding. Pemilihan komponen dinding yang keliru bisa menyebabkan suhu ruangan meningkat. Inilah mengapa ruang makan, ruang keluarga atau kamar terasa pengap. Barangkali itu disebabkan oleh bahan penyusun dindingnya.

Itu mengapa material dinding rumah begitu vital. Anda tentu ingin merasa nyaman di rumah sendiri, bukan? Tentu Anda tidak ingin rumah yang ditinggali begitu gerah ataupun pengap.

Penggunaan batu alam andesit pun bisa menjadi solusi. Batu andesit adalah jenis batu alam yang tidak memantulkan panas. Inilah mengapa model batu andesit dinding membuat ruangan menjadi lebih sejuk.

Jadi, jangan sampai salah pilih material dinding rumah Anda ya.

Batu Alam Memiliki Keindahan Dekorasi

Selain fungsional, alasan keindahan menjadi kelebihan dari batu alam andesit dinding. Andesit dinding yang cenderung berwarna abu-abu cocok untuk rumah berdesain minimalis. Apalagi jika rumah Anda mengusung warna-warna yang netral, semisal putih, hitam ataupun abu-abu.

Begitu pula jika desain rumah Anda bergaya industrial. Ciri khas material unfinished pun bisa disandingkan dengan penggunaan batu andesit dinding. Tanpa perlu dicat, jenis batu andesit sudah memberikan keindahan yang tampak alami.

Jadi, Anda bisa berkreasi sesuka hati pada desain interior atau eksterior rumah tercinta.

Jenis Batu Andesit Dinding

jual batu alam andesit untuk dinding

Saat Anda membaca sampai di sini, kemungkinan besar Anda sudah tertarik menggunakan andesit pada dinding rumah Anda. Hal yang perlu diperhatikan berikutnya adalah jenis batu andesit yang hendak digunakan. 

Batu andesit sendiri memiliki berbagai jenis, mulai dari andesit bakar, batu andesit rata alam, ataupun batu alam andesit susun sirih. Dari berbagai jenis andesit tersebut, terdapat pula berbagai ukuran. Jenis dan ukuran ini nantinya akan berpengaruh pada harga batu alam andesit.

Batu Andesit Bakar untuk Dinding

Salah satu jenis batu andesit yang sering dipasang pada dinding adalah jenis batu andesit bakar. Pola pemasangannya pun beraneka ragam, seperti pola acak, kotak biasa, ataupun pola catur. Dengan alur yang memiliki banyak pilihan, Anda bisa memilih pola motif yang diinginkan.

Harga Andesit Bakar

  • Ukuran andesit bakar dinding 40 x 40 cm: Rp 105.000/m2
  • Ukuran andesit bakar dinding 40 x 60 cm: Rp 130.000/m2
  • Ukuran andesit bakar dinding 50 x 50 cm: Rp 140.000/m2

Batu Andesit Rata Alam Dinding

Jika Anda menginginkan permukaan batu alam dinding yang lebih rata dan tidak bercorak, maka andesit rata alam bisa menjadi solusi. Batu andesit rata alam bisa dipasang sebagai dekorasi pada dinding. Kalau ingin bentuk yang lebih variatif, maka Anda dapat memadukan andesit rata alam dengan batu alam lain, semisal dengan batu bata ataupun batu palimanan

Harga Batu Andesit Rata Alam Dinding

  • Ukuran batu andesit rata alam dinding 10 x 20 cm: Rp 60.000/m2
  • Ukuran batu andesit rata alam dinding 15 x 30 cm: Rp 75.000/m2

Batu Andesit Susun Sirih Dinding

Jenis baru alam andesit susun sirih cocok digunakan untuk dinding luar rumah Anda. Modelnya seperti tumpukan sirih memberikan corak yang indah. Untuk ukuran dan harganya bervariasi. Anda dapat menyesuaikan dengan desain rumah Anda.

Harga Batu Andesit Susun Sirih Dinding

  • Ukuran andesit susun sirih dinding 3 x 30 cm: Rp 70.000/m2
  • Ukuran andesit susun sirih dinding 3 x 40 cm: Rp 80.000/m2
  • Ukuran andesit susun sirih dinding 5 x 30 cm: Rp 70.000/m2
  • Ukuran andesit susun sirih dinding 5 x 40 cm: Rp 80.000/m2

Penutup

Dibandingkan material bangunan yang lain, batu alam andesit menawarkan kualitas dan keindahan yang lebih baik. Batu andesit pun bisa Anda pasang untuk dinding dalam dan dinding luar rumah tercinta. Tanpa khawatir berlumut ataupun ambruk, batu andesit bisa menjadi andalan. Anda pun bisa memiliki rumah yang betah berlama-lama di dalamnya.

Daftar Pustaka

  • IlmuGeografi.com. 2020. Batuan Andesit : Pengertian, Proses Dan Manfaatnya – Ilmugeografi.Com. [online] Available at: <https://ilmugeografi.com/geologi/batuan-andesit> [Accessed 16 July 2020].
  • Jateng, B., 2020. Bahan-Bahan Yang Sering Digunakan Pada Masa Klasik Untuk Membuat Arca. [online] Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. Available at: <https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/bahan-yang-digunakan-pada-masa-klasik-untuk-membuat-arca/> [Accessed 16 July 2020].
  • Borobudur, B., 2020. Andesit. [online] Balai Konservasi Borobudur. Available at: <https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bkborobudur/andesit/> [Accessed 16 July 2020].

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *