batu alam susun sirih

Batu Alam Susun Sirih & Cara Pasang di Rumah Minimalis

Batu alam susun sirih merupakan material dalam pembuatan bangunan terutama pada proses finishing. Salah satu jenis batu alam andesit yang digunakan yaitu susun sirih dengan model yang bagus dan minimalis.

Penggunaan konsep bangunan dengan material batu alam minimalis semakin diminati banyak orang. Dalam penggunaanya tentu membutuhkan keselarasan antara konsep dan model batu alam. Banyaknya model batu alam membuat proses pemasangannya pun memiliki cara yang berbeda. Pemasangan batu alam ini merupakah hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena dengan pemasangan yang baik tentu akan menghasilkan akhir yang baik juga. Ketika pemasangan dilakukan secara tidak beraturan maka hasilnya akan sia-sia.

Salah satu teknik pemasangan batu alam yang sedang tren yaitu pemasangan batu alam susun sirih. Pemasangan dengan teknik ini tentu membutuhkan keahlian khusus agar batu terpasang dengan baik. Umumnya pemasangan batu alam sama halnya seperti memasang batu alam pada dinding suatu bangunan. Namun untuk teknik pemasangan batu alam susun sirih ini berbeda yaitu dengan memasang batu secara horizontal atau batu dipasang tertidur dan bertumpuk seperti daun sirih sesuai namanya susun sirih.

Teknik Pemasangan Batu Alam Susun Sirih

batu alam susun sirih
batu alam susun sirih

Untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam pemasangan batu alam, maka prosedur dan tahapan pemasangan harus dilakukan dengan benar. Berikut ini tahapan teknik pemasangan batu alamnya:

Menentukan pola yang akan dibentuk

Hal ini penting dilakukan agar mempercepat proses pemasangan dan tidak terjadi kesalahan pada saat pemasangan. Penentuan konsep juga dilakukan agar batu yang dipasang sesuai dengan konsep bangunan. Contoh pola pemasangan susun sirih yaitu pola vertikal-horizontal, acak, cacing, anyaman, diagonal dan masih banyak lainnya tergantung konsep yang diinginkan.

Seragamkan batu

Ketika anda akan memasang batu alam dengan pola tertentu, alangkah lebih baik jika menyeragamkan ukuran batu terlebih dahulu. Dengan seragamnya ukuran batu maka hasil pola yang dibentuk akan terlihat rapih. Akan tetapi jika anda akan memasang model batu alam dengan pola bebas maka tidak perlu menyeragamkan ukuran. Perbedaan ukuran batu akan membuat hasil yang abstrak namun terkesan alami.

Bersihkan batu alam

Batu alam yang akan dipasang harus dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar batu alam terpasang dan menempel dengan sempurna. Pembersihan batu alam dapat dilakukan dengan merendam batu alam dengan air. Selain itu dinding yang akan dipasang batu alam juga dibasahi sedikit air.

Bobok dinding

Dinding yang akan dipasang batu alam dibobok terlebih dahulu dengan menggunakan paku bobok. Pembobokan dilakukan untuk memudahkan proses penempelan batu alam pada dinding. Pembobokan pada dinding ini membantu semen atau perekat menempel dengan mudah dan terhindar dari kotoran atau suatu hal yang menyebabkan tidak menempelnya batu pada dinding.

Menyiapkan perekat

Perekat ini dibuat dari campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1:3 (semen:pasir) untuk dinding yang telah di plester dan 1:4 (semen:pasir) untuk dinding yang belum diplester atau perbadingan pembuatan perekat menyesuaikan dengan bahan-bahan yang akan digunakan. Untuk hasil yang lebih maksimal disarankan untuk menggunakan semen khusus. Hanya saja ini membutuhkan biaya lebih.

Pemasangan benang sebagai acuan

Pemasangan ini berfungsi untuk meluruskan batu yang akan dipasang. Dengan adanya benang ini maka pemasangan akan mudah dan menjadi rapih. Karena batu alam susun sirih ini akan tampak berbeda ketika pemasangannya dilakukan dengan rapih dan terlihat keunikanny apada tiap sudut batu alam tersebut.

Tahap pemasangan

Setelah semua bahan, alat telah siap digunakan dan juga batu telah dibersihkan tahapan yang paling penting yaitu proses pemasangan. Pemasangan batu alam minimalis susun sirih ini dipasang dengan cara ditumpuk tertidur. Adonan perekat yang berupa semen diusapkan pada dinding dan juga pada batu yang akan ditempelkan, kemudian tempelkan batu ke dinding tersebut dengan hati-hati dan agak ditekan agar batu menempel sempurna.

Bersihkan kembali batu alam

Setelah batu alam terpasang dengan rapih, tahapan selanjutnya yaitu membersihkan batu yang telah terpasang dari sisa-sisa perekat yang menempel. Apabila tidak dibersihkan maka batu akan tampak kotor dan merusak estetika batu alam tersebut. Dibersihkan dengan sikat dan air.

Proses coating batu alam

Satu hari setelah batu terpasang, perlu dilakukan coating. Bahan yang digunakan untuk coating biasanya disesuaikan dengan jenis batu yang digunakan. Proses coating ini dilakukan untuk menambah keindahan batu dan juga melindungi batu dari cuaca. Karena sebagian jenis batu memiliki sifat yang sensitif terhadap cuaca. Dengan coating ini maka ketahanan batu terjamin sehingga tidak perlu ganti dalam waktu yang singkat.

Tips Pemasangan Batu Alam Minimalis

model batu alam
model batu alam

Selain pemasangan yang sesuai prosedur berikut ini akan dibahas beberapa hal penting yang diperlukan dalam pemasangan batu alam susun sirih:

Ahli pemasang batu atau tenaga professional

Pemasangan batu alam dengan teknik susun sirih memang sangat berbeda dengan teknik pemasangan pada umumnya. Maka dari itu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan sebaiknya gunakan tenaga ahli sehingga konsep yang diinginkan akan tampak. Saat ini telah banyak took yang menjual batu alam sekaligus menyediakan jasa pemasangan langsung.

Kesabaran

Batu alam susun sirih dipasang secara horizontal atau tertidur. Hal ini dapat menyebabkan perlunya jumlah batu yang cukup banyak dan memerlukan waktu yang cukup lama. Kesabaran yang tinggi sangat diperlukan dalam hal ini, karena akan berdampak pada hasil akhir pemasangan batu alam yang akan dipasang.

Pengalaman

Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru terbaik, maka dalam pemasangan batu alam ini juga membutuhkan pengalaman yang cukup. Ketika pemasang batu memilik pengalaman mamasang batu dengan teknik susun sirih maka kesalahan dalam proses pemasangan dapat diminimalisir. Kesalahan dalam pemasangan batu alam dapat berakibat fatal pada hasil akhir karena apa yang diinginkan bias saja tidak diperoleh dan berakibat merugikan mengingat biaya yang dikeluarkan untuk pengadaan bahan tidaklah kecil.

Ketelitian

Dikarenakan pemasangan model batu alam susun sirih ini berbeda dengan pemasangan biasanya maka ketelitian diperlukan dalam proses pemasangannya. Susun demi susun tiap batu perlu dilakukan dengan hati-hati dan teliti agar kesan serta konsep pemasangan batu ini tersampaikan. Posisi pemasangan yang tertidur akan memberikan kesan yang berbeda pada akhir proses apabila dipasang dengan benar dan rapih.

Keuletan

Step demi step dalam pemasangan batu alam perlu dilakukan dengan telaten dan mengikuti prosedur dengan benar. Keuletan tentu tidak dimiliki oleh setiap orang, namun dalam hal  ini keuletan akan mencerminkan finishing dari pemasangan batu alam susun sirih ini. Desain konsep yang telah dibuat akan terealisasi apabila batu alam dipasang dengan rapih sehingga pengeluaran biaya yang cukup banyak akan terbayarkan dnegan hasil akhirnya.

Beberapa hal diatas merupakan sebagian hal penting yang bisa anda pahami untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam pemasangan model batu alam. Semoga anda dapat mengaplikasikannya ketika akan menggunakan batu alam sebagai material bangunan anda.

Untuk order batu alam andesit susun sirih hubungi pabrik batu alam andesit terbaik di Cirebon.

Selamat bekerja.

Tags: aplikasi batu alam susun sirih, Contoh motif pemasangan batu alam, contoh pasngan batu andesit takbealur, hasil pasang batu alam, pemasangan batu alam, tembok rumah pake batu alam susun sirih

Telah diupdate pada oleh

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontak Kami